Friday, 3 June 2016

Tentang 36 Impian

Tentang 36 Impian yang di tulis 4 tahun yang lalu, beberapa sudah tercapai, yang lain dalam proses dan yang lainnya harus di revisi bahkan di coret dari list

Beranilah Bermimpi Besar,, karena mimpi adalah harapan, jadi bangkitlah meraih mimpi,,,

Dan inilah 36 mimpiku untuk beberapa tahun kedepan :

1. Menyelesaikan Kuliah tepat waktu, yaitu 2013 dengan IPK "Dengan Pujian". DONE

2. Menikah dengan seorang laki-laki Sholeh, yang ....................... :) DONE

3. Tahun ini ke Bromo dan "adventures in Java" Jakarta-Bandung-Surabaya-Sidoarjo-Bromo-Batu-Jogja-Borobudur-Bandung-Jakarta (Insya Allah Terwujud, Nabung-nabung ^^) BARU JAKARTA BANDUNG JOGJA

4. Jalan-jalan keliling Indonesia n wisata kuliner, keliling Sumbar, Natuna, Bangka belitung, Kepri, Lombok, Raja ampat, Wakatobi, kepulauan seribu dll.

5. Jalan-Jalan ke luar negeri, Malaysia, Jepang, Brunei, Korea Selatan, Mesir, Arab Saudi (Haji & Umroh) dll. BARU MALAYSIA

6. Punya anak kembar. DALAM PROSES :D

7. Menaikan haji orang tua (semua anak muslim pasti punya cita-cita yang sama saya rasa).

8. Kuliah S2 Ekonomi Islam Di Mesir. Kemungkinan di ganti Kuliah S2 Ekonomi Islam Di Brunai, rencana, mau apply Beasiswa tahun ini, Insya Allah..

9. Punya sekolah Islam Internasional di Batam, untuk tingkat SD-SMA/SMK, dan itu khusus untuk anak-anak yang tidak mampu (klo impian yang satu ini butuh modal yang sangat Buuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaanyak sekali hehehehe.... Insya Allah terwujud, tak Ada yang mustahil bagi Allah).

10. Punya toko Pakaian/Butik sendiri. DALAM PROSES jualan Online dulu

11. Menjadi guru atau Dosen. setelah nyoba mengajar untuk lembaga pendidikan setara D1 dan saya nyerah, ga cocok banget dengan saya dan saya nggak bakat.

12. Menjadi Penulis Best Seller di Indonesia.

13. Membuat Workshop Menulis bersama Asma Nadia di Batam ( melalui EO MC Batam) .

14. Merayakan Milad dengan anak-anak yatim di panti asuhan.

15. Punya usaha sampingan sendiri yang benar-benar di urus dengan baik dan menguntungkan. DALAM PROSES 

16. Menyelesaikan pembangunan Rumah yang belum selesai. DALAM PROSES 

17. Membantu Papa untuk membangun 5 buah ruko. DALAM PROSES 

18. Liburan bareng dengan Bang Ori, Latip, Bang Zakir, Didin, Bang Rikal, Siti, mas juwi, mbak reni, dan Tia ke suatu tempat di Luar Batam.

19. Menetap beberapa bulan atau beberapa tahun di Jepang.

20. Membantu Mama dan Papa untuk menyelesaikan sekolah adik-adik. DALAM PROSES

21. Acara perdana MC Batam Bedah Buku Salim A fillah bulan depan berjalan lancar dan sukses. DONE

22. Punya perpustakaan  mini dirumah. DONE

23. Punya anak-anak yang sholeh dan sholehah yang menjadi penghafal Al-qur'an. DALAM PROSES

24. Balik ke Tanjung Ampalu, Sijunjung dan ngumpul bareng dengan temen-temen SMP.

25. Punya Rumah Makan Padang yang besar dan terkenal yang diminati Wisatawan Mancanegara.

26. Membuat kegiatan "100 parcel untuk Tukang sapu jalanan". DONE

27. Punya Restoran "Sambalado ayank"

28. Makan Kerak telor di Monas :D DONE

29. Makan "Kimchi" asli dari Korea

30. Jadi Konsultan Perbankan Syariah Nasional

31. Punya Mobil sendiri

32. Laser mata / Lasik jadi tak perlu pakai kacamata lagi

33. Menjejak kan kaki di Alexandria ^^

34. Reunian SD.

35. Makan "Ramen" lagi :D

36. Metik Buah anggur, apel,strawberry  langsung dari pohonnya (klo ini adanya di jawa) DONE




Semoga impian-impian yang lain segera terwujud, Aamiin Yaa Robbal Aalaamiin...

Thursday, 19 May 2016

Mengurus Kartu NPWP Hilang

Ceritanya dari beberapa bulan yang lalu kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) saya hilang. Seingat saya si kartu itu ada dompet, dan ternyata setelah di cek yang di dompet itu NPWP nya Koperasi, jadi selama ini bawa NPWP Koperasi kemana-mana, bukan bawa NPWP sendiri. Untuk membuat rekening baru di Bank ternyata salah satu syarat wajibnya harus punya NPWP, jadi terpaksalah cetak ulang kartu NPWP ke KPP terdekat. Untuk KPP di Batam yang terdekat adalah KPP Batam Selatan yang kantornya ada di Gedung ATB Sukajadi, satu lagi KPP Batam Utara yang ada di Batu Ampar. 

Syarat untuk mencetak Ulang NPWP adalah:

1. KTP yang masih berlaku
kalau sekarang E-KTP yang berlaku seumur hidup, pernah denger ada mbak-mbak yang mau daftar baru, syaratnya minta E-KTP, dan jangan lupa bawa fotocopynya, karena yang dilampirkan fotocopynya.

2. Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan. 
Yang ini penting banget, awalnya sewaktu searching di google hanya KTP saja, ternyata begitu nyampe di KPP di minta surat keterangan kerja, terpaksa deh balik nggak jadi ngurus.

3. Formulir untuk mencetak ulang kartu NPWP
minta ke bagian informasi

Nggak perlu minta surat kehilangan dari kepolisian, tapi waktu mengurus saya lampirkan, karena sekalian mengurus surat kehilangan ATM. Dan pastikan sudah melaporkan SPT tahunan, saya sejak 2012 tidak pernah melaporkan SPT Tahunan ke kantor Pajak (jangan di tiru yak, bukan wajib pajak yang baik), ternyata laporannya ke rekot (ya iyalah hehe..) jadi nggak bisa cetak ulang kartu, harus lapor SPT dulu dari 2012 - 2015. Untuk Tahun 2013 - 2015 bisa menggunakan E-Filling*, tapi sebelumnya minta dulu E-FIN nya ke Petugas yang ada di KPP . Kemudian lapor SPT lewat online. Untuk yang tahun 2012 ternyata nggak bisa lapor online, jadi harus lapor manual ke petugasnya. Ribet banget deh cuma buat cetak ulang kartu doang, saya bolak-balik sampai 3 kali. 

Setelah Lapor SPT Tahunan dengan cara manual dan E-Filling akhirnya si kartu abu-abu keemasan ini nangkring cantik di dompet, jadi nggak perlu khawatir lagi kalau mau ngurus-ngurus keperluan yang pake syarat NPWP :)

mengurus kartu npwp hilang



*e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP). sumber (www.pajak.go.id)

*Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-Filing. sumber (www.pajak.go.id)

Monday, 2 May 2016

Serba Serbi Kehamilan Pertama

"Yang sabar ya yank" kata-kata ini yang sering banget di ucapin suami semenjak saya sering mengeluh perihal berbagai keluhan ibu hamil. Beruntung sekali rasanya memiliki suami yang sabarnya luar biasa, jauh melebihi saya, dan juga sangat humoris, ketika wajah saya sudah cemberut dan meringis-ringis kesakitan, beliau akan mengeluarkan berbagai lelucon agar saya tersenyum dan tertawa. Memang menjadi seorang ibu itu sungguh luar biasa, salut buat semua ibu di seluruh dunia deh.

Berbagai macam keluhan ketika hamil dan sampai sekarang masih berlanjut yang saya alami

1. Hidung jadi super sensitif

Allah memang sudah menciptakan segala sesuatu yang ada pada tubuh kita itu sesuai takarannya, seperti hidung contohnya. Hidung kita di ciptakan tidak seperti hidung beruang yang bisa binatang mati 32 km jauhnya. Tepi ketika hamil apalagi di semester awal kehamilan, si hidung ini bisa menjadi super sensitif, bahkan parfum yang paling wangi pun bisa menjadi bau dan menyebabkan mual dan muntah. Saya selama kurang lebih tiga bulan tidak bisa masuk ke dapur karena bau atau aroma yang ada di dalam dapur, padahal biasanya juga nggak kenapa-napa. Saya juga nggak bisa mencium bau masakan. Jika ada yang masak di sekitar saya maka saya akan memilih kabur dari tempat tersebut atau menutup hidung rapat-rapat. Jadi karena itu juga, hampir 3 bulan saya tidak masak untuk suami, untung banget suami pengertian dan Alhamdulillahnya, Ortu saya punya Rumah Makan Padang "Putra Sago" (Numpang iklan dikit :D ), jadi kalau bosan dengan makanan luar, tinggal ngambil di sana atau minta di masakin sama ortu hehe....

2. Mual Muntah (Morning Sickness) setiap hari 

Kalau mual muntah ini memang semua ibu hamil mengalami, tergantung sering atau tidaknya saja. Tapi untuk saya, mual muntah pasti terjadi setiap hari di pagi hari dan akan berlanjut di siang, sore atau malam hari jika saya mencium bau yang tidak sedap. Anehnya, mual muntah ini di mulai ketika saya sudah ketahuan hamil, ketahuannya di umur 6 minggu, sebelum itu sama sekali tidak merasakan mual muntah. Kalau sudah mual muntah badan rasanya lemes banget, jangankan buat makan, liat foto makanan yang ada di medsos saja bisa mual, padahal biasanya liat foto doang langsung ngences hehehe.. karena mual muntah juga saya jadi tidak bisa minum susu kehamilan selama 1 bulan dan salah satu dokter menyarankan agar saya minum susunya di campur air dingin ataupun es, dan ternyata cara ini cukup efektif untuk minum susu.

3. Gatal-gatal

Penyebabnya bisa berbagai macam, misalnya kulit kering, peregangan kulit perut, dan gejala PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy) yang terjadi akibat meningkatnya hormon HCG dan hormon esterogen. Sejak memasuki trisemester kedua, saya hampir setiap hari merasakan gatal-gatal diseluruh tubuh. Menurut yang sudah berpengalaman, hal ini wajar dan akan semakin menjadi-jadi di semester ketiga kehamilan tapi akan hilang setelah melahirkan.

4. Garah dan Kepanasan

Cuaca Batam yang memang sudah panas dan akan kegerahan jika tidak menggunakan kipas angin atau AC, ketika hamil, menurut saya cuaca menjadi semakin panas. Kalau sudah kepanasan, saya sering sekali uring-uringan dan suami sering jadi tempat untuk mengeluh. Sempat juga AC kantor yang rusak beberapa hari, semakin membuat uring-uringan dan membuat saya berkipas-kipas kayak tukang sate sepanjang hari.

5. Kaki Bengkak

Kaki bengkak umumnya disebabkan makanan yang mengandung banyak garam dan gula, dan juga kurangnya olahraga. Saya memang bukan orang yang gemar berolahraga, bahkan ketika sekolah pelajaran olahraga adalah pelajaran yang paling saya hindari. Berkali-kali berencana untuk jalan pagi di sekitar perumahan bersama suami, tapi cuma rencana, lebih banyak malasnya dan lebh memilih tidur kembali setelah sholat hehe.. 

6. Imsomnia (susah tidur)

Karena ukuran perut yang sudah mulai membesar, sehingga menyulitkan saya untuk mengatur posisi nyaman ketika tidur. Untuk berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya harus pelan-pelan dan hati-hati. Belum lagi terkadang bermimpi buruk atau aneh sehingga semakin menyulitkan untuk saya tidur.


7. Sering Buang Air Kecil

Seiring semakin membesarnya perut dan si debay, kandung kemih akan semakin tertekan, sehingga akan membuat sering buang air kecil, jangan di tanya berapa kali saya ke kamar kecil, dalam satu jam bahkan bisa 3-4 kali. 

8. Sendi atau urat kaki tertarik

Akhir-akhir ini, sering sekali ketika duduk di lantai maka salah satu urat atau sendi yang ada di paha kiri saya merasa seperti tertarik, rasanya sakit sekali. Jika sudah begitu mengubah berbagai posisi dudukpun rasanya percuma, karena setiap gerakan akan membuat semakin sakit. Katanya sih memang seperti itu keluhan semua ibu-ibu hamil.

9. Pusing dan sakit kepala

Hal ini pernah terjadi beberapa hari ketika di awal trisemesater kedua kehamilan,mternyata penyebabnya adalah tekanan darah saya yang sangat rendah, hal ini bisa di cegah atau di obati dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menaikan tekanan darah.

10. Begah 

Karena meningkatnya hormon esterogen di dalam tubuh sehingga proses pencernaan yang terjadi di dalam mengalami kelambatan sehingga saya jadi merasa begah jika setelah makan. Walaupun sudah berusaha untuk makan dengan porsi yang sedikit, semakin hari begah semakin menjadi-jadi. Akhir-akhir ini sering sekali saya terbangun di tengah malam karena begah di perut yang sudah sampai di kerengkongan dan membuat panas. Bahkan karena begah ini juga, asam lambung yang memang sudah saya derita sejak lama, jadi kambuh. Pengen makan salah, nggak makan juga salah.

11. Berat badan naik dan baju kekecilan

Walaupun di timbangan berat badan tidak naik terlalu signifikan tetapi saya merasa badan saya seiring waktu semakin lebar, dan suami sering banget ngejekin. Jika bukan karena hamil, mungkin saya sudah senewen dan pusing tujuh keliling karena semakin gemuk, tapi karena hamil, saya sebodo amat, yang penting kan debaynya sehat, dan tetap berdoa dalam hati semoga nanti seletah melahirkan bisa turun seperti semula hihi..

Karena kenaikan berat badan inilah baju-baju saya semasa gadis bahkan setelah menikah, banyak sekali yang sudah tidak bisa di pakai. Sudah banyak sekali baju-baju yang menurut saya masih bagus, bahkan beberapa baju faforit, terpaksa di lungsurkan ke adik-adik saya dan stok baju di lemaripun jadi sedikit sekali. Iklan Marjan udah marak di TV, berarti Ramadhan sebentar lagi, selain persiapan fisik dan ruhaniyah kita untuk malaksanakan ibadah, kita juga harus mempersiapkan isi lemari menyambut ramadan hehe..  Kunjungi koleksi Zalia terbaru yuks, lumayan untuk nambah-nambah isi lemari

Walau apapun keluhan selama masa kehamilan, harus di syukuri sekali, karena Allah SWT udah menitipkan seorang malaikat kecil yang akan menjadi penambah kebahagiaan keluarga saya. Semoga sehat terus sampai si debay lahir :)


Promo belanja murah perlengkapan dan peralatan bayi

Sebagai camahmud (calon mamah muda) saya sering kebingungan tentang berbagai macam persiapan yang berhubungan dengan kehamilan, proses melahirkan, perlengkapan dan peralatan bayi bahkan persiapan bertemu si debay (dedek bayi) kelak setelah melahirkan. Saya merasa masih kurang ilmu untuk hal-hal yang seperti ini, maklum saja, saya baru merasakan kehamilan pertama, jadi belum memiliki pengalaman sama sekali.

Selain banyak bertanya kepada orang-orang terdekat yang lebih pengalaman, hampir setiap hari saya coba searching di internet, untuk menambah-nambah ilmu, sementara untuk perlengkapan bayi yang sampai sekarang di usia kandungan masuk bulan ke enam, belum ada satupun yang saya beli. Melihat di berbagai online shop, perlengkapan dan peralatan bayi banyak yang bagus-bagus tapi bingung milihnya, selain itu, prinsip emak-emak pelit hemat yang sudah mulai tumbuh didiri saya, jadi semangat banget nyari perlengkapan dan peralatan bayi yang murah atau diskon tapi berkualitas.


Peralatan bayi
Sumber : MatahariMalll.com
Setelah ngubek-ngubek berbagai situs online shop, ketemulah MatahariMall.com yang menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan bayi yang lengkap dan berkualitas dengan berbagai merk dan diskon pula, setelah ngubek-ngubek situsnya ketemulah beberapa barang yang akan di beli, tapi masih harus menahan diri terlebih dahulu sampai USG selanjutnya, karena si dedek belum ketahuan cewek atau cowoknya, kan nggak lucu kalau salah beli warna, si debay cowok perlengkapan yang di beli warna pink semua hehe..

peralatan bayi
Sumber : MatahariMall.com

Di MatahariMall.com disediakan promo belanja murah diskon untuk semua jenis barang dan merk, Diskon belanja online setiap hari dari MatahariMall, tak hanya menyambut event-event istimewa saja, MatahariMall juga menyediakan diskon belanja online setiap hari untuk semua kategori produknya. Diskon bervariasi mulai dari 5% sampai dengan 80% untuk produk fashion, groceries, HP & tablet, perlengkapan anak & bayi, buku & hobi, elektronik, kesehatan & kecantikan, dan lain-lain. Jadi, meskipun tidak ada perayaan spesial, saya masih bisa menikmati hematnya belanja di MatahariMall.

Jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli perlengkapan bayi, walaupun seiring makin membesarnya si perut dan semakin susahnya untuk berjalan-jalan jauh karena sering merasa capek dan lelah, sekarang bisa beli didepan komputer saja, tinggal pilih-pilih apa saja yang akan di beli, transfer pembayaran dan tinggal duduk manis menunggu pesanan di rumah. Jaman memang sudah semakin canggih, tapi justru dengan belanja online seperti ini sering membuat perempuan-perempuan kalap belanja, apalagi jika ada diskonnya hehe..

Thursday, 7 April 2016

Buat KTP dan KK GRATIS!!

Berawal dari status yang sudah berubah maka KTP dan KK (Kartu Keluarga) juga harus berubah, sempet sih 6 bulan lebih udah punya buku nikah tapi status di KTP masih Belum kawin, hehe.. Klo cowok enak kayaknya masih bisa ngelabain cewek-cewek, kan di KTP masis Single :D :D

KTP Batam

Ternyata buat KTP dan KK nggak ribet-ribet amat, asalkan persyaratannya terlengkapi, ini nih syarat-syaratnya kalau buat KTP dan KK:

Kartu Keluarga (KK) Baru
  1. Surat Pengantar Pembuatan KK Baru dari RT/RW setempat
  2. Formulir Permohonan Kartu Keluarga (KK) dari Kelurahan setempat
  3. Fotocopy Buku Nikah / Kutipan Akta Nikah bagi penduduk yang telah menikah usia 17 (tujuh belas) tahun
  4. Fotocopy surat keterangan pindah yang di keluarkan oleh instansi pelaksana daerah asal bagi penduduk yang pindah dari Kabupaten/ Kota lain dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Fotocopy surat keterangan pindah dari luar negeri yang di keluarkan oleh KBRI oleh Konsul bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
  6. Izin tinggal tetap bagi Orang Asing
  7. Pas Photo Kepala keluarga ukuran 3 x 2 cm sebanyak 2 lembar dengan ketentuan: kelahiran tahun ganjil latar belakang warna merah, kelahiran tahun genap latar belakang warna biru
  8. Paling lama waktu penyelesaian 14 Hari kerja

Kartu Tanda penduduk (KTP) Baru
  1. Surat Pengantar Pembuatan KTP Baru dari RT/RW setempat
  2. Formulir Permohonan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Kelurahan setempat
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotocopy Ijazah terakhir
  5. Pas Photo ukuran 3 x 2 cm sebanyak 2 lembar dengan ketentuan: kelahiran tahun ganjil latar belakang warna merah, kelahiran tahun genap latar belakang warna biru
  6. Fotocopy Buku Nikah / Kutipan Akta Nikah bagi penduduk yang telah menikah usia 17 (tujuh belas) tahun
  7. Fotocopy surat keterangan pindah yang di keluarkan oleh instansi pelaksana daerah asal bagi penduduk yang pindah dari Kabupaten/ Kota lain dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  8. Fotocopy surat keterangan pindah dari luar negeri yang di keluarkan oleh KBRI oleh Konsul bagi WNI yang atang dari luar negeri karena pindah
  9. Paling lama waktu penyelesaian 14 Hari kerja
Buat yang pindah dari kabupaten atau kota lain, bahkan dalam kasus suami saya dari kecamatan lain maka harus di urus dari surat pengantar RT/RW, Kelurahan hingga Kecamatan tempat tinggal lama, bagian ini sih yang sedikit agak ribet, kalau masih satu kota enak, tapi kalau sudah beda kota agak susah.

Dan jika sebelumnya masuk ke Kartu Keluarga (KK) orang tua maka harus di pecah/dikeluarkan dari KK orang tua, bagian ini juga harus memiliki surat pengantar pembuatan KK Baru dari RT/RW setempat.

Setelah persyaratan lengkap, datangi kantor Kecamatan, pertama di meja sekuriti hanya akan di cek kelengkapan persyaratan dan di tulis tanggal untuk kembali lagi (kata petugasnya, karena yang datang untuk mengurus dokumen perharinya itu bisa sampai 400 orang) sementara yang bisa terlayani perhari hanya kurang lebih 70 orang)  jadi buat yang bekerja nggak usah ngambil cuti, karena cuma sebentar. Sesuai dengan tanggal yang tertulis di map barulah kita kembali lagi untuk mengajukan pembuatan KTP/ KK, setelah semua proses di jalani, kita akan di berikan formulir untuk kembali mengambil KTP/KK yang sudah selesai.

Pengalaman Saya dan suami, datang ke kecamatan tanggal 8 (dengan pd nya ngambil cuti seharian) ternyata di periksa persyaratan dan di tulis di map untuk kembali lagi tanggal 24, pastikan ke petugas yang memeriksa bahwa semua persyaratan sudah lengkap, saya waktu itu ketika kembali lagi di tanggal 24 ternyata kekurangan persyaratan yaitu ijazah suami dan juga surat pengantar pembuatan KK Baru dari RT/RW kepunyaan orang tua saya, jadi balik lagi kerumah buat ngambil, untung aja pak RT dan RW nya ada di rumah.

Tanggal 4 KTP/KK baru sudah bisa di ambil, dan ternyata waktu pembuatan KTP tidak memakan waktu lama, jadi buat yang ingin mengurus KTP / KK selamat mencoba.



Monday, 4 April 2016

Bumbu Masak yang Sering Digunakan untuk Pengobatan

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang beragam dan kaya akan rasa, hal itu masakan Indonesia menggunakan banyak rempah serta bumbu untuk meningkatkan rasa dan kelezatan dalam setiap masakan. Terutama untuk masakan Padang banyak sekali bumbu masak yang di gunakan untuk membuat satu jenis masakan. Walaupun kedua orang tua saya punya usaha Rumah Makan dan jago masak, sebagai anak pertama yang seharusnya menuruni bakat kedua orang tua, saya malah tidak pintar masak sama sekali. Beberapa kali pernah di paksa untuk masuk ke dapur dan membuat makanan sendiri dan itupun dalam pengawasan hihi. jadi ceritanya cuma nyemplung-nyemplungin bumbu. Seumur-umur baru sekali masak rendang sendiri itupun rasanya jauh banget dari hasil masakan kedua orang tua. Pernah nyoba masak Dendeng balado sendiri, setelah dicoba rasanya lumayan, Appa sampe nawarin ke temen-temennya yang kebetulan datang untuk mencicipi, senengnya :)

www.bukalapak.com


Semenjak menjelang nikah, mulailah saya sesekali masuk kedapur untuk memasak, itupun hanya masakan yang praktis-praktis saja. Begitu menikah, ketika Appa (papa) saya bertanya kepada suami " gimana masakannya Dian?" dan suami jawab "masih harus banyak belajar Pa" sebenernya mau bilang nggak enak tapi kan saya ada di samping suami waktu itu hehe.. saya cuma bisa senyum-senyum sendiri.

Ternyata rempah-rempah dan bumbu-bumbu yang biasanya digunakan sebagai penyedap masakan, juga berguna untuk pengobatan beberapa penyakit, berikut adalah informasi mengenai bumbu masak yang digunakan sebagai obat:

Buah asam
Asam dapat dijadikan makanan penutup setelah dimasak, tapi biasanya dikeringkan dan kemudian digiling hingga menjadi bumbu. Salah satu resep masakan yang menggunakan bumbu ini adalah sayur asem. Disamping itu buah asam yang kaya dengan zat asam sering digunakan sebagai obat pencahar, sementara kandungan flavonoid dalam buah ini berfungsi untuk anti radang dan menghilangkan rasa sakit.

Penyakit yang biasanya diobati dengan buah ini adalah penyakit exam, yaitu penyakit kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Cara mengobatinya adalah dengan: asam jawa, temulawak dan gula aren ditumbuk, kemudian direbus setelah itu saring airnya dan minum 2 hari sekali. Disamping itu juga digunakan untuk menghilangkan nyeri haid pada wanita, caranya dengan mengambil segenggam buah asam jawa muda dan kunyit kemudian tumbuk halus keduanya lalu masukkan kedalam setengah gelas air minum, setelah disaring langsung diminum.

Cengkeh
Cengkeh adalah tanaman herbal asli dari Indonesia, banyak masakan Indonesia yang menggunakan cengkeh contohnya sebagai pelengkap di kue nastar, penambah aroma dalam kolak pisang. Ternyata manfaat lain dari cengkeh adalah berkhasiat mengobati sakit gigi, karena cengkeh memiliki sifat analgesic. Caranya adalah: Tumbuklah bunga cengkeh 1-2 polong dan patahkan menjadi 2 bagian, masukkan disela gigi yang berlubang, memang akan ada rasa pahit dan aroma yang menyengat namun itu menunjukkan reaksi cengkeh ke area gigi yang berlubang.

Jahe
Selain sebagai bumbu masak, jahe sudah lama dikenal ampuh mengobati penyakit batuk baik itu batuk berdahak maupun batuk kering. Jika penyakitnya batuk berdahak maka cara mengobatinya sebagai berikut: Jahe diparut kemudian dicampur dengan kencur, kemudian direbus dengan air hingga mendidih dan minumlah dalam keadaan hangat sebanyak 2 kali sehari. Disamping itu jahe merah berfungsi ampuh mengobati batuk kering, dengan cara mengunyah jahe merah hingga halus telan airnya dan kemudian ampasnya dibuang.

Kayu manis
Bumbu dapur yang memiliki rasa manis dan wangi ini berfungsi untuk mengobati penyakit diabetes, ternyata mengonsumsi kulit manis secara rutin dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh manusia, caranya adalah: konsumsi bubuk kayu manis sebanyak setengah sendok teh perhari, atau ditaburkan pada makanan seperti sereal oatmeal bisa juga dicampurkan kedalam teh. Selain diabetes, kayu manis juga berfungsi untuk mengobati sakit maag yaitu dengan cara: merebus 10 gr kayu manis dengan 200 cc air lalu ditunggu hingga tinggal separuh, disaring dan diminum selagi hangat.

Cabe
Cabe merah mengandung vitamin A dan C, dehidrokapsaisin, carotene serta beberapa zat lainnya, yang berfungsi untuk mengobati beberapa penyakit: mengobati rheumatic, luka dan bisul serta meringankan rasa sakit kepala, mengandung antioksidan dan juga berperan dalam menghambat penuaan.

Disamping cabe merah, cabe rawit juga memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu mempercepat metabolisme tubuh, membantu pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan serta mencegah masalah tekanan darah tinggi dan terakhir berfungsi menyembuhkan kanker.

Itulah  beberapa jenis bumbu masak yang ternyata bisa digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit, kekayaan alam Indonesia yang ditumbuhi oleh beraneka tumbuhan dan rempah harus dimanfaatkan sebaik mungkin, baik diolah untuk menjadi makanan maupun dikembangkan menjadi obat tradisional, semoga bermanfaat.

Monday, 21 March 2016

Pa-Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage - Rempang Batam

Barelang Batam
 Pulau Rempang (Barelang, Batam), Tepat 8 Km dari Jembatan ke 4 belok kanan masuk dan naik keatas (Ada Papan nama " Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage)
Pa-Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage, mungkin banyak dari orang Batam merasa asing dengan nama ini, saya pun begitu sampai akhirnya sama menjejakkan kaki ke wihara yang terletak di dalam hutan Rempang ini. Pa-Auk Tawya ini merupakan sebuah tempat ibadah berupa vihara yang digunakan oleh para Biksu untuk bermeditasi, letak Pa-Auk Tawya  jauh dari keramaian. Untuk menuju tempat ini jalan yang akan di lalui belum bagus. Jika ingin berkunjung ke vihara ini, kita bisa melihat petunjuk jalan yang terletak di sebelah kanan jalan dari arah jembatam 4 Barelang. Plang nama yang ada di sisi kanan jalan tidak terlalu besar, bertuliskan Pa-auk Tawya, di belakang plank nama ada sebuah bangunan berbentuk vihara mini yang belum selesai di bangun. Dari plank nama ini terdapat jalan tanah memerah, ikuti saja jalan berbatu ini, jalannya memang sedikit ekstrim, jika hari hujan atau tanahnya dalam keadaan becek, sangat tidak disarankan untuk mengunjugi tempat ini, karena jalan menuju vihara ini cukup curam. Mungkin kedepannya akan di perbaiki menjadi lebih baik.

Vihara batam



Dari kejauhan sudah terlihat vihara bercat hijau ini dari ketinggian, Kompleks Pa-Auk Tawya ini lumayan besar. Begitu menjejakkan kaki, yang menyambutkita adalah ratusan tangga yang akan membawa kita ke bangunan utama, untung saja jarak dari anak tangga ke anak tangga lainnya tidak tinggi, jadi walaupun harus menaiki kurang lebih 208 anak tangga tidak terasa begitu berat. Yang unik dari anak tangga yang ada di sini, setiap anak tangganya di sisi kiri dan kanan berukiran bunga yang cukup besar, dan setiap bunganya tidak sama persis, terlihat sekali jika ukiran dari gambarnya di tulis dengan tangan atau secara manual. 



Begitu sampai di atas, bangunan utama berupa bangunan berbentuk persegi dan atap yang beringkat tiga terlihat, mungkin jika tidak melihat simbol di atas atapnya, kita bisa melihat kemiripan bangunan ini dengan mesjid. terlihat saat kami berkunjung, seorang biksu baru keluar setelah menyelesaikan meditasinya. Jika meditasi sedang berlangsung, kita yang berkunjung dilarang untuk mengeluarkan suara, karena akan mengganggu mereka yang sedang bermeditasi.

Vihara Batam

Disekitar bangunan utama kita bisa melihat pemandangan dari ketinggian, bahkan juga bisa melihat laut. Disalah satu sudut dari taman yanga ada di komleks Pa-Auk Tawya ini juga terdapat patung (mungkin patung budha, saya juga kurang tau) di sekekitar patung ini juga terdapat stupa-stupa kecil seperti yang ada di candi Borobudur. 


Dulu setiap melihat postingan foto temen di media sosial, selalu bertanya-tanya di dalam hati," ini dimana ya?" sekarang udah tau dan sudah menjejakkan kaki di tempat ini, 

Selamat Jalan-jalan :) :) 

Wednesday, 16 March 2016

Angkot Di Batam jilid 2

Pagi kemarin, di sepanjang jalan Batu Aji menuju Muka kuning, saya melihat banyak sekali para pekerja yang masih menunggu kendaraan umum untuk membawa mereka ke tempat bekerja. Ternyata hari itu ada demo para supir angkutan umum, yaitu demo supir Mobil "Dapur Dua Belas" (bimbar)  dan juga supir carry. Mereka berdemo di karenakan Trans Batam yang akan di tambah Armadanya dan di tambah jalurnya untuk beberapa tempat di Batam. Di beberapa titik terlihat pak polisi berjaga-jaga untuk mengamankan. Di Simpang STM, semua penumpang yang sudah naik Carry atau Bimbar dipaksa turun oleh para pendemo. Terpaksa sebagian mereka memilih jalan kaki hingga menemukan kendaraan yang bisa mengantar mereka ke tempat bekerja, terlihat wajah kecemasan di muka mereka karena takut terlambat untuk masuk kerja, karena pastinya jika terlambat masuk, gaji mereka akan di potong. Dan, yang kembali menjadi korban adalah para penumpang.

Sebagai angkoters sejati (sebutan untuk penumpang angkot) saya sudah merasakan bagaimana tidak enak dan tidak nyamannya menggunakan angkot terutama "Dapur dua belas" yang berwarna merah. Sopir angkot ini sangat amat tidak mementingkan keselamatan penumpang, yang mereka pikirkan hanya setoran dan uang yang akan mereka dapatkan. Bahkan para sopir terkesan ugal-ugalan dalam berkendara, dan bahkan mereka juga sering adu balap dengan angkot lain untuk mencari penumpang, belum lagi mereka juga sering ngetem sembarangan dan lama. Untuk pengendara lain baik mobil maupun motor yang tinggal di sekitaran Batu aji sudah paham betul dengan kelakuan angkot yang tidak tertib lalu lintas. Seringkali mereka yang sedang berjalan laju di jalur kanan, tiba-tiba nyalip mengambil jalur kiri tanpa memikirkan kendaraan yang ada di samping atau di belakangnya. Sering juga terjadi kecelakaan karena sopir angkot yang ugal-ugalan ini. Setau saya, angkot merah ini, kadang di sewakan oleh pemiliknya kepada sopir "tembak" (sopir dadakan) pada jam-jam tertentu, sehingga para sopir yang baru belajar dan tidak memiliki SIM bisa mengendarai angkot ini.

Di karenakan hal itu sejak beberapa bulan yang lalu saya lebih memilih berangkat kerja bareng suami, walaupun datang kepagian dan lebih cepat 1 jam dari jam kerja yang seharusnya. untuk pulang kerja saya lebih memilih naik carry yang relatif lebih aman dan nyaman. Para angkoters, mereka tidak mempunyai banyak pilihan untuk memilih kendaraan umum sementara mereka membutuhkan kendaraan umum sebagai sarana transportasi mereka.

Jika ingin angkot ini tetap beroperasi dan di sukai oleh para angkoters, ada baiknya mereka memperbaiki fasilitas dan kenyaman yang di berikan kepada penumpang sehingga, para penumpang merasa nyaman untuk menaiki angkot ini. Jika penumpang merasa aman dan nyaman mereka tidak akan memilih kendaraan lain.

Sekian curhatan CaMud (calon mamah muda) yang sudah menjadi angkoters sejati dari jaman SMK, curhatan ini tidak bermaksud menjelek-jelekan atau menyinggung pihak manapun. Sekian dan terima kasih :) 

Mutiara Hikmah: Keajaiban Istighfar - Ustadz Dr. Khalid Basalamah, MA.


Keajaiban Istighfar

Barang Siapa yang  Mulazamah (selalu beristighfar) Allah akan jadikan jalan keluar dari masalahnya dan Allah akan memberikan rezeki dari tempat tidak disangka-sangka (HR Bukhari)



Semoga kita senantiasa mengamalkan Istighfar di setiap keadaan

Tuesday, 15 March 2016

Sepenggal Kisah di Novel Ayat-ayat Cinta 2

Kisah Syaikh Muhammad Abduh seorang ulama terkenal mesir, yang mengisi kondisiumat Islam, dan keluarlah kalimat yang sangat terkenal " Al-Islamu mahjuubun bil muslimin" yang artinya Islam tertutup oleh umat Islam. Syeikh Muhammad Abduh pernah berdakwah sekian lama di Paris. Bahkan dari Paris, Syaikh Muhammad Abduh menerbitkan majalah dakwah " Al-Urwah Al-Wusqa" untuk menyadarkan dan menggerakkan kaum muslimin di seluruh dunia. Di Paris, Syaikh Muhammad Abduh menjelaskan segala keluhuran dan kemuliaan ajaran agama Islam. Di tangannya tidak sedikit orang-orang Prancis yang masuk Islam. Mereka masuk Islam karena takjub dengan keindahan dan keluhuran ajaran agama Islam.

Ayat ayat cinta


Hingga suatu hari, Syaikh Muhammad Abduh harus meninggalkan Paris dan kembali ke dunia Arab, lalu kembali ke Mesir. Syaikh Muhammad Abduh kembali mengajar di Al-Azhar University, Kairo. Sekian lama ditinggal Syaikh Muhammad Abduh, murid-murid dan jamaah Syaikh Muhammad Abduh di Paris, merasakan kerinduan untuk berjumpa dengan gurunya. Di antara mereka ada beberapa orang yang nekat melakukan perjalanan panjang menjumpai sang guru, yaitu Syaikh Muhammad Abduh. Mereka melakukan perjalanan darat, lalu perjalanan laut menyeberangi laut Mediterania. Selain ingin berjumpa dengan Syaikh Muhammad Abduh, mereka berharap akan menemukan saudara seiman dengan kualitas hidup yang indah, dalam peradaban yang indah.

Mereka membayangkan bahwa Mesir, tempat sang guru lahir dan besar, tempat Al-Azhar berdiri dan ribuan ulama dari waktu ke waktu menebar ilmu dan berdakwah, pastilah sebuah negeri dengan cara hidup sangat Islami yang indah. kebersihannya pasti terjaga melebihi paris, Sebab orang-orang Mesir sangat hafal hadist "Ath thaharu syatrul iman", kebersihan itu separuh dari iman. Pastilah tidak ada orang miskin, sebab semua menunaikan zakat. Dan gambaran-gambaran lainnya yang terbayang indah. Keindahan itu muncul begitu saja dari penjelasan-penjelasan Syaikh Muhammad Abduh tentang kesempurnaan ajaran agama Islam.

Tatkala kapal yang mereka tumpangi merapat ke pelabuhan Pord Said, dan para penumpang satu per satu turun. Mereka juga turun, murid-murid Syaikh Muhammad Abduh dari Paris itu, kaget bukan main menyaksikan pelabuhan Pord Said yang semberawut. Orang-orang Mesir yang tidak bisa tertib, kata-kata keras dan kasar, dan kebersihan yang tidak dijaga. Dan pengemis ada dimana-mana.

Mereka mencoba menghibur diri. Sebuah kota pelabuhanbisa dimaklumi. Mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Kairo. Sampai di kairo, mereka benar-benar kaget dan kecewa. gambaran keindahan peradaban Islam seperti yang disampaikan Syaikh Muhammad Abduh , tidak mereka jumpai. mereka kecewa, tidak jauh dari Masjid Al-Azhar, mereka menyaksikan seorang laki-laki berjubah, kencing dengan berdiri menghadap tembok. "mana adab islami yang indah itu? Bukankah buang air kecil ada adab-adabnya? Apakah orang itu tidak tau adabnya? Bukankah ia hidup di dekat Al-Azhar?"

Mereka juga menyaksikan pengemis yang kumal di area Maydan Husein, "Apakah mereka tidak malu kepada Rasulullah? Bukankah Rasulullah tidak menyukai umatnya menjadi peminta-minta? Kenapa mereka meminta-minta? Apakah mereka tidak malu meminta-minta di dekat Al-Azhar? Apajah ulama-ulama Al-Azhar tidak ada yang mengingatkan? Apakah orang-orang kaya di sini tidak bayar zakat?"

Ribuan pertanyaan berjubel di kepala mereka. Mereka terpukul dan kecewa. Mereka sedih, kenapa mereka mendapatkan kenyataan yang pahit dan mengenaskan itu? Lezatnya iman yang mereka rasakan selama ini, sekarang dibenturkan dengan kenyataan riil umat Islam yang jauh dari imajinasi keluhuran ajaran islam yang mereka imani.

Mereka akhirnya menemukan kantor Syaikh Muhammad Abduh. Dan mereka pun menjumpai Sang Guru yang dirindukan. Begitu mereka bertemu dengan Syaikh Muhammad Abduh, mereka protes tentang apa yang mereka lihat sejak turun kapal dan menginjak tanah Mesir hingga sampai di jantung Al-Azhar. mereka mengungkapkan kekecewaan kepada Sang Guru.

" Kami berharap mendapatkan contoh Islam yang hidup di mesir ini, Syaikh. tapi sungguh jauh dari yang kami harapkan. kami hampir-hampir Islam tidak di praktik di sini? Mana islam yang indah, Islam yang luhur seperti yang Syaikh ajarkan kepada kami saat di Paris dulu? Kenapa hanya sepelemparan batu dari Al-Azhar, ada laki-laki berjubah mengencingi tembok sambil berdiri? kenapa Paris yang tidak mengenal ajaran Islam lebih bersih dan lebih teratur daripada Kairo? Sesungguhnya apa yang terjadi, Syaikh?"

Bibir Syaikh Muhammad Abduh kelu. Ulama besar itu tidak bisa menjawab pertanyaan bernada protes dari murid-murid terkasihnya itu. Kedua mata Syaikh Muhammad Abduh basah. Ada kesedihan luar biasa menyusup di hatinya. dengan menahan isak, Syaikh Muhammad Abduh mengucapka kalimat yang kemudian sangat terkenal di seantero dunia Islam "Al-Islamu mahjuubun bil muslimin". Islam tertutup oleh umat islam. Cahaya keindahan Islam tertutupi oleh perilaku buruk umat Islam. Dan perilaku-perilaku itu sama sekali tidak mencerminkan ajaran islam. Tidak juga bagian dari ajaran Islam. Akan tetapi karena dari mulut mereka setiap saat mengaku bahwa mereka adalah umat Islam, maka wajar jika banyak orang menganggap seperti itulah ajaran Islam. padahal bukan ajaran Islam.

Akibatnya, jika yang dilihat adalah perilaku sebagian umat Islam yang tidak terpuji itu, dan itu yang dijadikan timbangan maka orang bisa antipati kepada islam. tak ayal, cahaya keindahan Islam tertutupi, Tragisnya yang menutupi cahaya itu justru perilaku pemeluknya yang tidak Islami.

Kisah Syaikh Muhammad Abduhdan murid-muridnya itu sesungguhnya masih terus terjadi hingga sekarang. Dan kalimat Syaikh Muhammad Abduh masih sangat relevan sampai sekarang. Betapa banyak manusia masuk Islam karena menemukan keindahan cahaya Islam itu langsung lewat Al-Qur'an, lewat hadist, atau apa yang di tulis para ulama yang ikhlas. Dan mereka lalu bersyukur bahwa mereka telah terlebih dahulu mengetahui Islam, mengenal Islam dan mengimani Islam sebelum berjumpa dengan umat Islam yang berperilaku jauh dari Islam dan bisa menjadi penghalang orang bersimpati kepada islam.


Dari sekian banyak kisah dan cerita hikmah yang disampaikan oleh Habiburrahman El Shirazy dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 ini, kisah di atas sungguh menarik hati. Kisah tentang Syaikh Muhammad Abduh sungguh sangat menyindir sekali, terutama saya sebagai salah satu umat Islam. Sebagai umat Islam sewajarnya kita memberikan contoh melalui perilaku kita sebagai umat islam yang baik dan tidak memperlihatkan perilaku dan sikap yang buruk, dan juga tidak menjadi penghalang terpancarnya cahaya Islam. Sebuah cambuk bagi diri sendiri untuk memperbaiki diri menjadi umat islam yang lebih baik dan islami.