Tuesday, 14 May 2013

Mie Lendir

Buat yang bukan warga Batam atau Kepri pasti bertanya-tanya, Mie Lendir itu apa? kok namanya aneh gitu?
Baiklah saya akan menjelaskan sedikit tentang mie lendir. Mie lendir adalah mie kuning yang disiram dengan kuah kacang, dan kuah kacangnya kental dan halus banget. jadi mungkin karena kekentalan kuahnya tersebut makanya di bilang Mie Lendir.


Mie lendir itu pas buat dijadikan menu sarapan pagi. Terlepas dari namanya yang agak-agak gimana gitu, soal rasa, mie lendir ini enak banget, mie kuning yang disajikan dengan toge, kemudian disiram dengan kuah kacang kental, ditambah taburan bawang goreng, seledri dan potongan telur rebus, bener-bener jadi perpaduan yang mantap.

Jika anda berkunjung ke Batam, Selain Sup Ikan & Gonggong, Mie Lendir ini juga menu wajib yang harus dicoba. 
Owh ya, tentang Sup Ikan dan Gonggong akan saya bahas nanti, sabar ya hihihi...
\
ini resep cara membuat Mie Lendir


Bahan Mie Lendir:

500 g mie lidi atau mie kuning basah, rebus dan tiriskan
500 g ubi jalar/ubi kuning manis, rebus hingga matang dan haluskan
100 g kacang tanah, goreng dan haluskan
3 batang daun bawang, iris
5 batang seledri, iris
1 ons gula merah, sisir halus
1 liter air
garam dan penyedap secukupnya
1 sdm gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan 3 sdm air
2 lembar daun salam
1 batang serai, geprek

Bumbu halus:

5 siung bawang putih
5 buah cabai merah
1 ruas kencur

Pelengkap:

tauge yang telah di rebus
telor rebus
Cabai rawit yang telah di iris

Cara Membuat:
Kuah: Haluskan bumbu halus, campur dengan kacang tanah,  ubi yang telah dihaluskan, daun salam dan serai. tambahkan dengan 1 liter air, aduk rata.  masak hingga mendidih. masukkan gula merah, garam dan penyedap. aduk rata. tambahkan larutan maizena, aduk rata. masak hingga matang, angkat dan sisihkan.
penyajian: tata mie di dalam piring, tauge, dan bahan pelengkap lain. taburkan daun bawang dan daun sop. siram dengan kuah, dan taburkan dengan bawang merah.
sajikan selagi panas.

Tips: untuk lebih lezatnya boleh di tambahkan udang pada kuah nya.

13 comments:

  1. dek, mi lendir depan Bank BNI pelita maknyusssssssssssssssss tenannnn...tapi harus pagi2 soalnya cepet habissss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. BNI Pelita itu yg deket mana ya mbak? #mikirkeras
      boleh deh kpn2 melipir kesana

      Delete
  2. wuiiiiiiiihhh... kalo di bogor mirip2 sama mie golosor,.. jadi ngiler... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga maksud bikin ngiler ya Oma hihi.. V Piss
      Mie Golosor Teh? jadi penasaran rasanya :)

      Delete
  3. Saya pun juga suka sekali memasak. Namun melihat masakan yang satu ini semakin meanmbah penasaran saya untuk mencobanya.

    Terimakasih resepnya mbk

    Salam dari Jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba mas,
      Salam dari batam :)

      Delete
  4. Enak niih... Mamaku ama adikku kalo ke Batam suka minta dibeliin ini..

    ReplyDelete
  5. Belum pernah makan mie lendir, tapi liat fotonya... hmmm... ngiler daah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Bun, main ke Batam ^^
      biar bisa nyicipin

      Delete
  6. Penasaran jadinya sama mie lendir... kalo diliat dari penampakannya, jadi inget spaghetti deh :D

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^