Wednesday, 15 May 2013

Sup Ikan Batam yang Maknyoossss

Batam Adalah sebuah pulau kecil yang ada di propinsi Kepulauan Riau, membuat Kota kecil ini di kelilingi oleh laut, sehingga makanan laut atau yang lebih di kenal dengan Seafood begitu gampang di dapat, baik di restoran-restoran besar maupun warung-warung kaki lima di pinggir jalan. 

Sebagai anak yang lahir dan di besarkan di Batam, saya merasa gagal jadi anak Batam, karena baru beberapa bulan terakhir ini tau, bahwa ternyata salah satu kuliner yang terkenal di Batam itu adalah Sup Ikan hihihi... bahkan sampai ada slogal "Belum ke Batam kalau belum makan Sup Ikan Batam".

Selain terkenal dengan letaknya yang dekat dengan negara tetangga Singapore dan barang-barang elektroniknya yang murah, Batam juga terkenal dengan Sup Ikannya yang dijamin maknyooosss. Ikan yang dimasak untuk menjadi sup ikan adalah  Ikan tenggiri, yang masih fress atau baru di tangkap dari laut, sehingga membuat rasa sup ikan menjadi lebih enak. 

Konon kabarnya Sup Ikan Batam udah terkenal di Nusantara, bahkan sampai ada restoran-restoran Sup Ikan Batam yang ada di Ibukota. Tapi bagaimanapun, kuliner yang paling enak itu tetap dari daerah asalnya. Sup ikan Batam itu kuahnya bening dan biasanya di sajikan dengan potongan tomat hijau sehingga menambah rasa sup menjadi makin segar. 

Selain rasanya yang enak, karena di olah dengan Ikan tenggiri Sup Ikan  ini juga  mengandung gizi tinggi dan banyak mengandung protein. Kandungan gizi 100 gram Ikan Tengiri adalah 112 Kalori, 21.4 Protein (gr), 2.3 Lemak (gr), 33 Kolesterol (mg) dan 0.9 Zat besi (mg). (Sumber http://informersejati.blogspot.com). Selain iu Ikan tenggiri juga mengandung asam lemak Omega 3 yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, serta penyakit lain yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah, serta menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

Jadi selain rasanya yang enak, Sup Ikan tenggiri juga kaya akan manfaat bagi kesehatan, So jika kamu datang ke Batam jangan lupa mencicipi kuliner khas batam yang satu ini, di jamin maknyooossssss. :)


14 comments:

  1. kok dame baru tahu ya? dulu pernah ke batam waktu kecil, tapi ga diajak makan sup ikan batam, :(
    jadi penasaran gimana rasanya.
    mbak lai, mau dong ditransfer ke bandung, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dian jg baru tau mbak, untuk masih di terima jd warga batam hehe...
      di transfer via rekening ga bisa mbak hehehe

      Delete
  2. Aku pernah makan waktu ke Pekanbaru. Segar.. duuh jadi kepengen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata nya sih beda mbak rasanya sama yg di pekanbaru, katanya si, blm pernah nyoba yg di pekanbaru juga hihi

      Delete
  3. Itu pakai belimbing wuluh ya Mba ? seperti ikan kuah masam ya ? Hm...... jadi kepengin nih.

    Sukses selalu
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga yg pke belimbing wuluh, tp kebanyakan tomat hijau si,,
      Makasi :)

      Delete
  4. krimin ke Padang ya dian..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kirim pke Tik* ya, tunggu aja hehehehe...

      Delete
  5. Pernah makan di Yongkee? yang konon katanya sup ikannya itu yang terenak di Batam?
    Kalo aku belum pernah.. *nginfo duluan sebelum ditanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabarnya si gitu mbak, di Yongkee yg paling enak, blm pernah, tp planning mau coba disana :)

      Delete
  6. Slruup..kuahnya bening..bikin laper dan dahaga..:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ada mas Indra mampir,
      Ayo mas main ke Batam, biar bisa nyicipin :)

      Delete
  7. Tahun lalu habis dari Batam mengunjungi saudara belum sempat mencicipi sup ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti klo ke Batam lagi minta di ajak makan ini ya Bang hehe

      Delete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^