Wednesday, 9 October 2013

Gonggong


Selain Sup ikan dan Mie Lendir, yang jadi makanan khas Batam adalah Gonggong (bukan yang berkaki empat itu ya). Gonggong (Stombus Turturella) adalah makanan laut berupa kerang yang banyak terdapat di perairan laut Kepulauan Riau. Gonggong ini bisa dijumpai disemua restoran Seafood yang ada di Batam. 

Cara memasak gonggong ini cukup simple, hanya direbus dengan garam dan irisan jahe agar bau amisnya hilang, rasanya kenyal dan gurih, selain itu gonggong ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Biasanya gonggong disajikan dengan sambel, baik sambel saos, sambel merah maupun sambel ijo terasi, untuk memakannya juga di perlukan tusuk gigi, fungsinya untuk mencongkel isi dari gonggong ini keluar dan bisa mendarat dengan cantik di dalam mulut. 

Buat yang gemar sekali makan makanan laut, gonggong ini menu wajib yang harus dicoba jika berkunjung ke Batam, selain direbus sekarang gonggong juga diolah menjadi panganan berupa kerupuk, sehingga bisa dijadikan oleh-oleh buat sanak saudara maupun kerabat di luar Batam. 

Tahun 2011 dalam rangka ulang tahun pemerintah kota Batam juga membuat Batam Seafood Festifal dengan melakukan pemecahan rekor Muri dengan jumlah pemasak Gonggong terbanyak yaitu 1000 orang. Selain itu gonggong kini juga dijadikan salah satu motif corak batik khas Batam.

8 comments:

  1. Iya ya, sekarang udah ada kerupuk gonggong. Kemarin taunya waktu mau nyariin oleh-oleh buat sodara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tpi dian blm pernah nyoba rasanya hehe

      Delete
  2. Jadi pengen mencoba bagaimana sih rasanya. kalau kerang sih sering banget.

    ReplyDelete
  3. KAlau mie lendir pernah mbak, kalau gonggong belu nyoba. padahal belum pernah ke batam...

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu ttg gonggong ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      klo main ke Kepri boleh di coba tu mbak

      Delete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^