Monday, 30 December 2013

Suka duka 2013

Tak terasa hari berganti dan kita sudah sampai di penghujung tahun 2013. Alhamdulillah,, begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada saya di tahun 2013, ada suka, duka, senyum, tawa, air mata, bahagia, sakit hati, lelah, jemu, dll. Dan memang begitulah hakikat kehidupan, ketiga bahagia datang kita bersyukur ketika musibah datang kita bersabar. Ada impian-impian yang terwujud di tahun ini, dan yang luar biasanya lagi banyak banget bonus-bonus yang Allah berikan kepada saya.

Berdasarkan resolusi tahun lalu saya urutkan yang telah tercapai maupun tertunda atau belum terlaksana :)

1. Pulang kampung
Alhamdulillah, karena tiket yang memang sudah di tangan, saya bisa juga menjejakkan kaki di Payakumbuh tercinta, selain karena kangen Amak misi lain adalah untuk menghadiri pernikahan sepupu dan juga menjelajah ranah minang dan wisata kuliner. Walaupun tidak semua tempat tercapai di jejaki tapi saya cukup puas, dan terakhir kepulangan ke Batam harus ditutup dengan kejadian duka, ayah dari sepupu saya meninggal tepat satu hari sebelum kepulangan saya ke Batam sehingga kepulangan saya di batalkan dan di tambah beberapa hari lagi di kampung. Begitulah kematian, kita tak pernah tau kapan kita di panggil, kita hanya menunggu giliran. Semoga jika kita di panggil nanti dalam keadaan khusnul khotimah, dalam keadaan taat dan beriman kepadaNya, Aamiin...
ini beberapa cerita selama di kampung


2. Kelarin Skripsi & Wisuda
Alhamdulillah akhirnya skripsi tentang perencanaan pajak itu selesai juga walaupun jadinya harus nambah satu semester lagi (sebenernya cuma dua minggu) tapi tetep di hitung 1 semester. Dan saya tetep bisa wisuda di tahun ini, ini yang paling luar biasa banget, saya sidang skripsi seminggu sebelum pendaftaran wisuda di tutup hehe... cerita selengkapnya inidisini dan disini

3. Jalan-jalan ke Palembang dan ke Bromo
Tiket ke Palembang yang telah di beli di akhir tahun (tiket promo) harus direlakan dengan berat hati karena si maskapai (Batavi*) mengalami pailit dan kebangkrutan sehingga semua tiket yang sudah di beli oleh penumpang jauh-jauh hari tak bisa digunakan, sempet nyesek si sebenernya tapi apa mau dikata, terpaksa direlakan, tapi Alhamdulillahnya rencana Allah bener-bener tak terduga, gagal ke palembang di ganti dengan Singapura & Malaysia cerita selengkapnya iniini, ini dan disini

Impian dari tahun lalu yang belum kesampean yaitu ke Bromo dan berharap di tahun ini bisa terealisasi, tapi Allah berkehendak lain, ketika temen di kantor udah ngajakin dan saya tinggal pesen tiket dan minta izin dari orang tua saja, ternyata saya tak mendapatkan izin tersebut, sempet sedih banget tapi ya mau gimana lagi, tapi akhirnya kesedihan itu bisa di obati dengan perjalanan saya menjejak Jogja.

Selain itu banyak bonus-bonus lain berupa tempat-tempat yang bisa saya jejaki di tahun ini , walaupun hanya jarak dekat tetapi sungguh istimewa, setapak demi setapak bisa menjejaki keindahan Indonesia :)
Satu lagi sebenernya resolusi di tahun ini yang belum terlaksana, dan sepertinya tidak memungkinkan untuk di masukkan pada resolusi tahun depan, harus bersabar sampai 2015 :)

Sebaik-baiknya manusia berencana Allah lah yang menentukan segala sesuatunya, sesuatu yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah, sebaliknya sesuatu yang buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Allah, kita hanya bisa berencana, berikhtiar dan berdoa.

Jangan takut bermimpi besar, karena kita punya Allah yang Maha Besar ^_^

Thursday, 26 December 2013

One Day One Juz (ODOJ)

Nama komunitasnya ODOJ singkatan dari One Day One Juz, sebuah gerakan yang di pelopori oleh komunitas Rumah Qur'an yang di gagas oleh mahasiswa di Jakarta. Komunitas ini adalah sebuah komunitas yang membawa anggotanya untuk aktif membaca Al Qur'an 1 Juz setiap harinya.


Pertama kali saya liat komunitas ini di TL FB, karena penasaran saya klik fanspagenya ODOJ dan setelah saya scroll dan di baca sampe bawah ternyata saya tertarik dan mendaftarlah via sms, ditunggu 1 hari dua hari kok nggak ada tanggapan, setelah bertanya ke teman yang telah bergabung, barulah tanggal 10 Desember saya bergabung dengan Grup ODOJ ini di Whatsapp, miminnya mbak Riza, dan hari itu kami menunggu terkumpul 30 Akhwat untuk bisa memulainya, setelah terkumpul 30 dan mulai lah kami melakukan pembagian Juz dan  memilih Juz mana yang akan pertama kali dibaca, karna saat itu saya sudah di Juz 15 jadi saya minta Juz 16 dan sekarang saya sudah sampai di Juz 30. 

Sungguh saya sangat amat bersyukur bisa bergabung dengan komunitas ini, setiap hari saya bisa berinteraksi dengah Al-Qur'an. Sebelumnya saya bisa membaca 1 juz sehari hanya ketika Ramadhan dan setelah itu hanya selembar atau dua lembar itu pun lebih banyak bolong dari pada nggaknya, tapi sekarang tiap hari saya bisa berinteraksi dengan Al-Qur'an, jika sedang berhalangan saya memilih opsi ke 3 dengan membaca terjemahannya.

Berada dalam komunitas ini membuat saya semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan juga saling berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat), bagaimana tidak bersemangat, ketika baru buka mata saja dan membuka HP ketika subuh, sudah banyak saja para Odojers (sebutan untuk anggota ODOJ) yang melapor Done/Kholas, dan juga di grup ini kita saling di mengingatkan, saling menyemangati dan saling sharing ilmu, dan saya merasakan indahnya Ukhuwah pada komunitas ini, walaupun tak saling bertemu dan terpisah jarak pulau maupun negara tapi berasa sangat amat dekat. 

Update terakhir sudah ada 40.000 an lebih yang bergabung dengan komunitas ini baik di Indonesia maupun di luar Indonesia, di Grup saya saja ada mbak yang tinggal di Jepang, dan saudara yang kuliah di Cairo pun sudah bergabung dengan komunitas ini. Semoga komunitas ini semakin banyak peminat dan istiqomah, menciptakan masyarakat yang cinta Al Qur'an dan selalu berinteraksi dengan Al Qur'an. Aamiin..


Owh ya 11 Mei 2014 nanti akan diadakan launching nasional ODOJ dan diadakan mabit bersama untuk semua Odojers di Mesjid Istiqlal Jakarta, semoga saya bisa menjadi salah satu Odojers yang hadir di sana Aamiin....


Wednesday, 25 December 2013

Ruangan "harta karun"


Beberapa minggu lalu saya baru tau jika ada perpustakaan di mesjid Jabal Arafah. Begitu masuk ke dalam perpus tersebut saya dan teman berkali-kali menjerit tertahan karena kegirangan karena melihat jejeran buku-buku yang ada di sana. 


Buku yang pertama kali saya liat adalah berbagai macam kumpulan buku-buku traveling, kemudian berbagai macam buku tafsir, buku-buku dari penulis2 terkenal seperti Asma Nadia, Ust Yusuf Mansur, Oki Setiana Dewi dll dan yang paling penting dari semua yang penting adalah NOVEL... Ahhh... Seneng tak terkira, berasa menemukan ruangan yang penuh dengan "harta karun" hehe.... #lebayyy...


Di perpus ini selain begitu banyak buku-buku baru tempatnya juga sangat nyaman, seandainya aja punya waktu seharian, saya rela duduk manis dari pagi sampai sore di perpustakaan ini, tapi yang sangat disayangkan adalah buku-bukunya belum bisa di bawa pulang untuk di pinjam, karena belum di buka pendaftaran untuk member, dan kata petugasnya belum tau kapan akan dibuka, belum ada instruksi katanya. Semoga aja bisa di buka pendaftaran segera deh.. 

Sepertinya setiap sabtu sepulang kerja dan sebelum melingkar perpus ini adalah tempat akan menjadi tempat saya untuk "duduk manis" :) :)

Seneng bisa menemukan "ruangan harta karun" ini.

Tuesday, 10 December 2013

Pada Suatu Pagi Hari

Maka pada suatu pagi hari 
ia ingin sekali menangis 
sambil berjalan tunduk sepanjang lorong itu 
Ia ingin pagi itu 
hujan turun rintik-rintik 
dan lorong sepi 
agar ia bisa berjalan sendiri saja 
sambil menangis sambil menangis 
dan tak ada orang bertanya kenapa 
Ia tidak ingin menjerit-jerit 
berteriak-teriak 
mengamuk memecahkan cermin 
membakar tempat tidur
Ia hanya ingin menangis 
lirih saja sambil berjalan sendiri 
dalam hujan rintik-rintik 
di lorong sepi pada suatu pagi. 

video


oleh : Sapardi Djoko Damono

Wednesday, 4 December 2013

Apa yang salah dengan hujan?


Apa yang salah dengan hujan?
bukankah bersamanya ada keberkahan
apa yang salah dengan hujan?
bukankah dengannya setiap doa yang dipanjatkan akan dikabulkan
apa yang salah dengan hujan?
bukankah berjalan dibawahnya menyenangkan
apa yang salah dengan hujan?
bukankah derainya membawa rindu & keceriaan
apa yang salah dengan hujan?
tak ada yang salah dengan hujan
hanya saja aku yang menyukainya keterlaluan