Tuesday, 19 August 2014

Batam - Tg. Uban via RORO

10 Agustus lalu seorang sahabat saya melangsungkan pernikahan, karena dia dan suaminya adalah orang Bintan, jadi untuk menghadiri acara pernikahannya saya harus menyeberang ke pulau Bintan. Ada dua alternatif untuk menuju ke Bintan, yang pertama via Tanjung pinang, menggunakan kapal ferry, terakhir saya dengar ongkos tiket PP menggunakan ferry adalah 110k, atau kita bisa menggunakan kapal RORO via Tanjung Uban, selain kapal RORO kita juga bisa menggunakan kapal Speed. 

Jika menggunakan kapal RORO kita bisa membawa kendaraan seperti motor atau mobil, untuk biayanya jika membawa mobil adalah 210k dan 19k untuk masing-masing penumpang, supir tidak di hitung, jika menggunakan sepeda motor 25k per motor, untuk penumpangnya saya kurang tau. Owh ya menurut peraturan hanya kendaraan yang tidak menggunakan dokumen FTZ yang bisa menyebrang ke Bintan, tapi sewaktu kami membeli tiket, ternyata sama sekali tidak ada pemeriksaan dokumen hanya menanyakan BP kendaraan dan jumlah penumpang. 

Untuk menuju Tanjung Uban dari pelabuhan ASDP Punggur membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, jadwal dari Batam - Tg. Uban adalah jam 08.00, 10.00, 12.00, 14.00, 16.00 dan 18.00 sedangkan dari Tg. Uban - Batam 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, 15.00 dan terakhir 17.00. Jadwal ini juga tidak tergantung jumlah kendaraan yang akan menyebrang, karena jika RORO nya sudah penuh maka harus menunggu di jadwal berikutnya. 

Pengalaman buruk saya menggunakan RORO, ketika dari Tg. Uban - Batam, kami sudah sengaja ngebut dari Bintan untuk mengejar RORO terakhir yang jam 17.00, kami tiba jam 17.00 kurang 15 menit, seharusnya kami masih bisa menyebrang, tapi ternyata kendaraan yang antri sudah banyak, dan tidak bisa di tampung oleh RORO lagi, walaupun kita ngotot ataupun kendaraan yang antri yang tidak bisa ikut menyebrang bisa untuk di muat 1 RORO lagi yang sedang parkir, mereka tetap saja hanya melakukan 1 kali jalan untuk 1 jadwal. 

Jika anda pengalami pengalaman buruk seperti saya, sebaiknya anda mengambil alternatif lain yaitu menyebrang menggunakan kapal speed, tiketnya 42k untuk 1 orang, tetapi kita tidak bisa membawa kendaraan, untuk kendaraan menunggu jadwal RORO berikutnya besok pagi. Kata petugasnya sih mereka bisa menyebrangkan kendaraan saja tanpa supir dan penumpang keesokan paginya, kita hanya tinggal menunggu di pelabuhan punggur saja, tapi saya tidak menjamin keamanan kendaraan yang kita titipkan.
Semoga pengalaman buruk saya ketinggalan kapal RORO tidak terjadi kepada anda, karena nyesek banget rasanya ketinggalan RORO hiks..


10 comments:

  1. Jadi Dian pilih berangkat besok paginya ya? Nginep semalam di Tg. Uban ya?
    Ini ceritaku naik RORO beberapa bulan yg lalu, http://www.adventurose.com/2014/06/bintan-1-batam-bintan-overland.html

    ReplyDelete
  2. iya mbak, yang nginep supir nya aja, yg bawa mobilnya temen, jadi dia nginep di mobil, sampe sekarang nggak enak ati ama temen yg di tingggal hihi..

    ReplyDelete
  3. makasih ey atas berbagi infonya
    sangat membantu
    : )

    ReplyDelete
  4. makasih ey atas infonya
    sangad membantu
    : )

    ReplyDelete
  5. harus jago markir nya ya kak?

    soalnya kata nya kalau parkir mobil di roro, sempit sempit gitu?

    ReplyDelete
  6. Anonymous : Sama2 :)
    Mas Arreza: iya mas, sempit, waktu itu temen yg bawa mobil aja, ampe keluar dari pintu kiri

    ReplyDelete
  7. Kak boleh minta kontak ada yg mau ditanyain makasih kak

    ReplyDelete
  8. kalau mau k pinang mending pakai motor, kalau mau pakai mobil rental disana.

    ReplyDelete
  9. itu kalau naik roro harus punya sim gak ya

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^