Thursday, 19 May 2016

Mengurus Kartu NPWP Hilang

Ceritanya dari beberapa bulan yang lalu kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) saya hilang. Seingat saya si kartu itu ada dompet, dan ternyata setelah di cek yang di dompet itu NPWP nya Koperasi, jadi selama ini bawa NPWP Koperasi kemana-mana, bukan bawa NPWP sendiri. Untuk membuat rekening baru di Bank ternyata salah satu syarat wajibnya harus punya NPWP, jadi terpaksalah cetak ulang kartu NPWP ke KPP terdekat. Untuk KPP di Batam yang terdekat adalah KPP Batam Selatan yang kantornya ada di Gedung ATB Sukajadi, satu lagi KPP Batam Utara yang ada di Batu Ampar. 

Syarat untuk mencetak Ulang NPWP adalah:

1. KTP yang masih berlaku
kalau sekarang E-KTP yang berlaku seumur hidup, pernah denger ada mbak-mbak yang mau daftar baru, syaratnya minta E-KTP, dan jangan lupa bawa fotocopynya, karena yang dilampirkan fotocopynya.

2. Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan. 
Yang ini penting banget, awalnya sewaktu searching di google hanya KTP saja, ternyata begitu nyampe di KPP di minta surat keterangan kerja, terpaksa deh balik nggak jadi ngurus.

3. Formulir untuk mencetak ulang kartu NPWP
minta ke bagian informasi

Nggak perlu minta surat kehilangan dari kepolisian, tapi waktu mengurus saya lampirkan, karena sekalian mengurus surat kehilangan ATM. Dan pastikan sudah melaporkan SPT tahunan, saya sejak 2012 tidak pernah melaporkan SPT Tahunan ke kantor Pajak (jangan di tiru yak, bukan wajib pajak yang baik), ternyata laporannya ke rekot (ya iyalah hehe..) jadi nggak bisa cetak ulang kartu, harus lapor SPT dulu dari 2012 - 2015. Untuk Tahun 2013 - 2015 bisa menggunakan E-Filling*, tapi sebelumnya minta dulu E-FIN nya ke Petugas yang ada di KPP . Kemudian lapor SPT lewat online. Untuk yang tahun 2012 ternyata nggak bisa lapor online, jadi harus lapor manual ke petugasnya. Ribet banget deh cuma buat cetak ulang kartu doang, saya bolak-balik sampai 3 kali. 

Setelah Lapor SPT Tahunan dengan cara manual dan E-Filling akhirnya si kartu abu-abu keemasan ini nangkring cantik di dompet, jadi nggak perlu khawatir lagi kalau mau ngurus-ngurus keperluan yang pake syarat NPWP :)

mengurus kartu npwp hilang



*e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP). sumber (www.pajak.go.id)

*Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-Filing. sumber (www.pajak.go.id)

Monday, 2 May 2016

Serba Serbi Kehamilan Pertama

"Yang sabar ya yank" kata-kata ini yang sering banget di ucapin suami semenjak saya sering mengeluh perihal berbagai keluhan ibu hamil. Beruntung sekali rasanya memiliki suami yang sabarnya luar biasa, jauh melebihi saya, dan juga sangat humoris, ketika wajah saya sudah cemberut dan meringis-ringis kesakitan, beliau akan mengeluarkan berbagai lelucon agar saya tersenyum dan tertawa. Memang menjadi seorang ibu itu sungguh luar biasa, salut buat semua ibu di seluruh dunia deh.

Berbagai macam keluhan ketika hamil dan sampai sekarang masih berlanjut yang saya alami

1. Hidung jadi super sensitif

Allah memang sudah menciptakan segala sesuatu yang ada pada tubuh kita itu sesuai takarannya, seperti hidung contohnya. Hidung kita di ciptakan tidak seperti hidung beruang yang bisa binatang mati 32 km jauhnya. Tepi ketika hamil apalagi di semester awal kehamilan, si hidung ini bisa menjadi super sensitif, bahkan parfum yang paling wangi pun bisa menjadi bau dan menyebabkan mual dan muntah. Saya selama kurang lebih tiga bulan tidak bisa masuk ke dapur karena bau atau aroma yang ada di dalam dapur, padahal biasanya juga nggak kenapa-napa. Saya juga nggak bisa mencium bau masakan. Jika ada yang masak di sekitar saya maka saya akan memilih kabur dari tempat tersebut atau menutup hidung rapat-rapat. Jadi karena itu juga, hampir 3 bulan saya tidak masak untuk suami, untung banget suami pengertian dan Alhamdulillahnya, Ortu saya punya Rumah Makan Padang "Putra Sago" (Numpang iklan dikit :D ), jadi kalau bosan dengan makanan luar, tinggal ngambil di sana atau minta di masakin sama ortu hehe....

2. Mual Muntah (Morning Sickness) setiap hari 

Kalau mual muntah ini memang semua ibu hamil mengalami, tergantung sering atau tidaknya saja. Tapi untuk saya, mual muntah pasti terjadi setiap hari di pagi hari dan akan berlanjut di siang, sore atau malam hari jika saya mencium bau yang tidak sedap. Anehnya, mual muntah ini di mulai ketika saya sudah ketahuan hamil, ketahuannya di umur 6 minggu, sebelum itu sama sekali tidak merasakan mual muntah. Kalau sudah mual muntah badan rasanya lemes banget, jangankan buat makan, liat foto makanan yang ada di medsos saja bisa mual, padahal biasanya liat foto doang langsung ngences hehehe.. karena mual muntah juga saya jadi tidak bisa minum susu kehamilan selama 1 bulan dan salah satu dokter menyarankan agar saya minum susunya di campur air dingin ataupun es, dan ternyata cara ini cukup efektif untuk minum susu.

3. Gatal-gatal

Penyebabnya bisa berbagai macam, misalnya kulit kering, peregangan kulit perut, dan gejala PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy) yang terjadi akibat meningkatnya hormon HCG dan hormon esterogen. Sejak memasuki trisemester kedua, saya hampir setiap hari merasakan gatal-gatal diseluruh tubuh. Menurut yang sudah berpengalaman, hal ini wajar dan akan semakin menjadi-jadi di semester ketiga kehamilan tapi akan hilang setelah melahirkan.

4. Garah dan Kepanasan

Cuaca Batam yang memang sudah panas dan akan kegerahan jika tidak menggunakan kipas angin atau AC, ketika hamil, menurut saya cuaca menjadi semakin panas. Kalau sudah kepanasan, saya sering sekali uring-uringan dan suami sering jadi tempat untuk mengeluh. Sempat juga AC kantor yang rusak beberapa hari, semakin membuat uring-uringan dan membuat saya berkipas-kipas kayak tukang sate sepanjang hari.

5. Kaki Bengkak

Kaki bengkak umumnya disebabkan makanan yang mengandung banyak garam dan gula, dan juga kurangnya olahraga. Saya memang bukan orang yang gemar berolahraga, bahkan ketika sekolah pelajaran olahraga adalah pelajaran yang paling saya hindari. Berkali-kali berencana untuk jalan pagi di sekitar perumahan bersama suami, tapi cuma rencana, lebih banyak malasnya dan lebh memilih tidur kembali setelah sholat hehe.. 

6. Imsomnia (susah tidur)

Karena ukuran perut yang sudah mulai membesar, sehingga menyulitkan saya untuk mengatur posisi nyaman ketika tidur. Untuk berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya harus pelan-pelan dan hati-hati. Belum lagi terkadang bermimpi buruk atau aneh sehingga semakin menyulitkan untuk saya tidur.


7. Sering Buang Air Kecil

Seiring semakin membesarnya perut dan si debay, kandung kemih akan semakin tertekan, sehingga akan membuat sering buang air kecil, jangan di tanya berapa kali saya ke kamar kecil, dalam satu jam bahkan bisa 3-4 kali. 

8. Sendi atau urat kaki tertarik

Akhir-akhir ini, sering sekali ketika duduk di lantai maka salah satu urat atau sendi yang ada di paha kiri saya merasa seperti tertarik, rasanya sakit sekali. Jika sudah begitu mengubah berbagai posisi dudukpun rasanya percuma, karena setiap gerakan akan membuat semakin sakit. Katanya sih memang seperti itu keluhan semua ibu-ibu hamil.

9. Pusing dan sakit kepala

Hal ini pernah terjadi beberapa hari ketika di awal trisemesater kedua kehamilan,mternyata penyebabnya adalah tekanan darah saya yang sangat rendah, hal ini bisa di cegah atau di obati dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menaikan tekanan darah.

10. Begah 

Karena meningkatnya hormon esterogen di dalam tubuh sehingga proses pencernaan yang terjadi di dalam mengalami kelambatan sehingga saya jadi merasa begah jika setelah makan. Walaupun sudah berusaha untuk makan dengan porsi yang sedikit, semakin hari begah semakin menjadi-jadi. Akhir-akhir ini sering sekali saya terbangun di tengah malam karena begah di perut yang sudah sampai di kerengkongan dan membuat panas. Bahkan karena begah ini juga, asam lambung yang memang sudah saya derita sejak lama, jadi kambuh. Pengen makan salah, nggak makan juga salah.

11. Berat badan naik dan baju kekecilan

Walaupun di timbangan berat badan tidak naik terlalu signifikan tetapi saya merasa badan saya seiring waktu semakin lebar, dan suami sering banget ngejekin. Jika bukan karena hamil, mungkin saya sudah senewen dan pusing tujuh keliling karena semakin gemuk, tapi karena hamil, saya sebodo amat, yang penting kan debaynya sehat, dan tetap berdoa dalam hati semoga nanti seletah melahirkan bisa turun seperti semula hihi..

Karena kenaikan berat badan inilah baju-baju saya semasa gadis bahkan setelah menikah, banyak sekali yang sudah tidak bisa di pakai. Sudah banyak sekali baju-baju yang menurut saya masih bagus, bahkan beberapa baju faforit, terpaksa di lungsurkan ke adik-adik saya dan stok baju di lemaripun jadi sedikit sekali. Iklan Marjan udah marak di TV, berarti Ramadhan sebentar lagi, selain persiapan fisik dan ruhaniyah kita untuk malaksanakan ibadah, kita juga harus mempersiapkan isi lemari menyambut ramadan hehe..  Kunjungi koleksi Zalia terbaru yuks, lumayan untuk nambah-nambah isi lemari

Walau apapun keluhan selama masa kehamilan, harus di syukuri sekali, karena Allah SWT udah menitipkan seorang malaikat kecil yang akan menjadi penambah kebahagiaan keluarga saya. Semoga sehat terus sampai si debay lahir :)


Promo belanja murah perlengkapan dan peralatan bayi

Sebagai camahmud (calon mamah muda) saya sering kebingungan tentang berbagai macam persiapan yang berhubungan dengan kehamilan, proses melahirkan, perlengkapan dan peralatan bayi bahkan persiapan bertemu si debay (dedek bayi) kelak setelah melahirkan. Saya merasa masih kurang ilmu untuk hal-hal yang seperti ini, maklum saja, saya baru merasakan kehamilan pertama, jadi belum memiliki pengalaman sama sekali.

Selain banyak bertanya kepada orang-orang terdekat yang lebih pengalaman, hampir setiap hari saya coba searching di internet, untuk menambah-nambah ilmu, sementara untuk perlengkapan bayi yang sampai sekarang di usia kandungan masuk bulan ke enam, belum ada satupun yang saya beli. Melihat di berbagai online shop, perlengkapan dan peralatan bayi banyak yang bagus-bagus tapi bingung milihnya, selain itu, prinsip emak-emak pelit hemat yang sudah mulai tumbuh didiri saya, jadi semangat banget nyari perlengkapan dan peralatan bayi yang murah atau diskon tapi berkualitas.


Peralatan bayi
Sumber : MatahariMalll.com
Setelah ngubek-ngubek berbagai situs online shop, ketemulah MatahariMall.com yang menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan bayi yang lengkap dan berkualitas dengan berbagai merk dan diskon pula, setelah ngubek-ngubek situsnya ketemulah beberapa barang yang akan di beli, tapi masih harus menahan diri terlebih dahulu sampai USG selanjutnya, karena si dedek belum ketahuan cewek atau cowoknya, kan nggak lucu kalau salah beli warna, si debay cowok perlengkapan yang di beli warna pink semua hehe..

peralatan bayi
Sumber : MatahariMall.com

Di MatahariMall.com disediakan promo belanja murah diskon untuk semua jenis barang dan merk, Diskon belanja online setiap hari dari MatahariMall, tak hanya menyambut event-event istimewa saja, MatahariMall juga menyediakan diskon belanja online setiap hari untuk semua kategori produknya. Diskon bervariasi mulai dari 5% sampai dengan 80% untuk produk fashion, groceries, HP & tablet, perlengkapan anak & bayi, buku & hobi, elektronik, kesehatan & kecantikan, dan lain-lain. Jadi, meskipun tidak ada perayaan spesial, saya masih bisa menikmati hematnya belanja di MatahariMall.

Jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli perlengkapan bayi, walaupun seiring makin membesarnya si perut dan semakin susahnya untuk berjalan-jalan jauh karena sering merasa capek dan lelah, sekarang bisa beli didepan komputer saja, tinggal pilih-pilih apa saja yang akan di beli, transfer pembayaran dan tinggal duduk manis menunggu pesanan di rumah. Jaman memang sudah semakin canggih, tapi justru dengan belanja online seperti ini sering membuat perempuan-perempuan kalap belanja, apalagi jika ada diskonnya hehe..