Sunday, 1 January 2017

Cara Mancairkan JHT BPJS KETENAGAKERJAAN dengan E-klaim di Batam

Sebagai mantan karyawati yang sudah hampir 6 bulan resign, saya ingin mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua) yang ada di BPJS KETENAGAKERJAAN, lumayan buat modal jualan, setelah browsing di om google (bukan om telolet om ya 😀) ternyata mencairkan JHT bisa dengan e-klaim, lebih mudah dan antriannya nggak ribet.

Sebelum resign, saya sudah mendaftar di web nya BPJS KETENAGAKERJAAN, untuk melihat saldo saya. Untuk mendaftar di website mereka, silahkan buka www.bpjsketenagakerjaan.go.id setelah masuk ke website tersebut silahkan klik tenaga kerja yang ada di sebelah kanan, kemudian klik registrasi dan isi data yang di perlukan. Setelah terdaftar dan diverifikasi melalui email atau sms, silahkan login. Setelah itu kita bisa melakukan pengecekan jumlah saldo dan juga mengajukan e-klaim pencairan dana JHT.

Jht bpjs ketenagakerjaan



Jht

Cara daftar eklaim

Syarat-syarat yang harus di lengkapi jika ingin mengajukan JHT:
1. E-KTP dan fotocopy
2. Kartu Peserta Jamsostek atau BPJS KETENAGAKERJAAN dan fotocopy
3. Kartu Keluarga dan fotocopy
4. Buku Tabungan dan fotocopy
5. Surat pengalaman kerja dari perusahaan, dan paklering (surat pemberitahuan dari perusahaan terakhir tempat kita bekerja kepada Disnaker bahwa kita sudah berhenti bekerja di perusahaan tersebut).

Proses yang saya lakukan dalam pengajuan e-klaim JHT
1. Tanggal 5 Desember
Daftar pengajuan di website yang sudah saya jelaskan di atas, dengan mengajukan e-klaim, dan pastikan kita sudah bersatus tidak aktif sebagai peserta bpjs ( terhitung 1 bulan setelah resign) kemudian mengisi data-data yang diperlukan dan menyiapkan softcopy syarat-syarat di atas yang harus di upload, bisa dalam bentuk jpg ataupun pdf, agar praktis, syarat-syarat di atas saya foto dengan menggunakan kamera Tab, kemudian saya compress, karena file yang nantinya akan di upload, tidak boleh lebih dari 1 MB.

2. Setelah terdaftar, maka akan ada email yang di kirim otomatis, bahwa kita telah mengajukan e-klaim dan data yang kita upload akan di verifikasi.

3. Tanggal 6
Sehari setelah mendaftar saya mendapatkan email kembali yang isinya menyatakan bahwa persyarata sudah lengkap, dan saya di minta untuk pembawa persyaratan yang asli dan fotocopy beserta surat pengalaman kerja di 2 perusahaan tempat terakhir saya bekerja.
Menurut saya surat pengalaman kerja ini sangat penting, untuk karyawan yang melakukan resign atau habis kontrak dengan cara baik, biasanya yang keluar dengan tidak baik atau kabur, susah untuk mendapatkan surat pengalaman kerja.

4. Tanggal 9
 Datang ke kantor BPJS KETENAGAKERJAAN yang telah di pilih dan membawa berkas yang di perlukan, di cek keaslian data oleh petugas dan foto.

Waktu saya datang ke kantor BPJS KETENAGAKERJAAN yang ada di Nagoya jam 2 siang hari Jum'at, kata securitynya udah tutup, padahal seharusnya pelayanan sampai jam 4.30 WIB. Tanya ke petugas, apakah bisa di wakilkan, karna saya punya bayi jadi susah jika di tinggal dirumah, maka saya di arahkan ke ruang pelayanan, masih ada 2 orang karyawan, niat awalnya hanya bertanya ternyata berkas saya di verifikasi dan diterima secara manual Alhamdulillah, ternyata karyawan yang lain sedang ada diklat.

Proses klaim JHT di BPJS kurang lebih 5 hari kerja, jadi prosesnya Tgl 12- 19 Desember (Tanggal 11 libur). Tanggal 15 Desember uang JHT nya sudah masuk ke Rekening saya. Mudah dan cepat proses dengan e-klaim. Menurut informasi security, antrian untuk klaim manual perhari 150 orang, sedangkan online dengan e-klaim perhari 50 orang.

Semoga sedikit info ini bisa bermanfaat



4 comments:

  1. Hallo sist, salam kenal. Sist mau tanya kalo buat paklaring pemberhentian dr disnaker itu prosesnya gimana ya. Maaf saya awam soal urus mengurus hal seperti ini. Rencana saya jg mau cairkan jamsostek. Saya udh off kerja dr 6tahun yg lalu. Saya cek jg jamsostek saya udh g aktif. Pengalaman kerja saya jg lengkap. Hanya g ada paklaring pemberhentian kerja dr disnaker aja.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mbak
    Paklering itu surat pemberitahuan dari perusahaan terakhir tempat kita bekerja kepada Disnaker bahwa kita sudah berhenti bekerja di perusahaan tersebut, jd pihak perusahaan yang buat mbak, trus di laporkan ke disnaker, mungkin bisa hub hrd perusahaan mbak yg terakhir untuk minta di laporkan paklering, nanti mbak dapet salinannya aja dri perusahaan.

    ReplyDelete
  3. halo mba dian,saat pengajuan klaim mba pilih yang opsi apa ya? pengunduran diri atau pemutusan hubungan kerja ya mba? Mohon info nya mba..Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak dila, saya pengunduran diri mbak

      Delete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^