Wednesday, 29 March 2017

Booster ASI alami

Air susu ibu (ASI) adalah susu yang di produksi manusia untuk di konsumsi bayi dan merupakan gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. (WIKIPEDIA)

13 manfaat ASI bagi bayi dan Ibu:


  1. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat
  2. Membuat bayi menjadi lebih cerdas
  3. Berat badan bayi ideal
  4. Tulang bayi lebih kuat
  5. Bayi mendapatkan limpahan kolesterol (kolesterol baik bagi pertumbuhan bayi)
  6. Mengurangi sindrom terjadinya kematian bayi mendadak ketika tidur
  7. Hubungan ibu dan anak lebih kuat
  8. Tubuh ibu lebih cepat langsing
  9. KB alami
  10. Stress ibu berkurang
  11. Mengurangi pendarahan
  12. Resiko terkena kanker berkurang
  13. Hemat uang
Sebagai anak yang tidak mendapatkan ASI ekslusif ketika bayi, saya bertekad untuk memberikan ASI Ekslusif kepada Arsyila, jauh sebelum melahirkan saya sudah mencari tau banyak hal tentang dunia perASIan dari berbagai sumber, termasuk juga bergabung dengan grup AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Kepri, banyak sekali ilmu yang saya dapat di grup ini, termasuk permesalahan-permasalahan yang akan di hadapi ketika nanti memberikan ASI. 


Dengan perjuangan, Alhamdulillah Arsyila bisa mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan, walaupun saya harus menggunakan berbagai macam cara, baik dengan mengatur posisi ketika mengASIhi maupun cara agar ASI yang dikeluarkan mencukupi. Dari awal kelahiran Amma (Mama) saya, rajin sekali membuatkan sayur Daun Katuk untuk saya, walaupun rasanya tidak enak, saya paksakan untuk selalu menghabiskannya, tapi menurut saya sayur ini tidak terlalu memberikan efek untuk memperbanyak ASI. Selain sayur daun katuk, Amma juga sering membuatkan sayur Jantung pisang untuk saya, di masak dengan sederhana dan efeknya sangat terasa dalam hitungan jam, ASI langsung deras dan banyak. Jadi, saya sangat merekomendasikan jantung pisang sebagai ASI booster alami, bahkan saya sempat berpikir, adakah yang mau membuat ASI booster dengan ekstrak jantung pisang? Pasti laku keras hehe... Selain jantung pisang booster alami yang membuat ASI lancar untuk saya adalah segelas teh hangat, karena setelah minum teh hangat rasanya hati dan pikiran adem banget. 

Munurut AIMI, untuk meningkatkan  kerja hormon oksitosin dapat dengan mengkonsumsi makanan yang ibu suka, meskipun tetap mewaspadai reaksi bayi terhadap asupan teh, kopi ataupun coklat. Untuk meningkatkan rasa percaya diri ibu, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan ASI atau yang disebut dengan istilah Galagtogog atau booster ASI. Galagtogog sebenarnya bersifat sugestif, sehingga efeknya lebih mempengaruhi psikologis ibu. Efektifitasnya berbeda pada setiap ibu, contoh masyarakat yang mengenal daun katuk dan daun bangun bangun sebagai sayur yang dapat meningkatkan produksi ASI, faktanya ibu yang tidak suka dengan aroma daun katuk dan daun bangun bangun, maka mengkonsumsi sayuran ini akan membuat produksi ASI ibu terganggu karena tidak suka. Penting untuk selalu memperhatikan reaksi bayi saat mengkonsumsi jenis galagtogog tertentu dan yang terpenting tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Sedikit resep sederhana untuk mengolah jantung pisang menjadi sayur yang enak untuk di konsumsi, owh ya jantung pisang memiliki banyak manfaat sehingga bisa juga di konsumsi bagi yang tidak sedang menyusui.

Jantung pisang Gulai putih
bahan :
  1. Bawang merah
  2. bawang puhih
  3. jahe
  4. garam
  5. santan
  6. minyak untuk menumis
  7. Daun daunan ( sereh, daun salam, daun jeruk, daun kunyit)
  8. Jantung pisang yang sudah dibersihkan (tinggal bagian yang berwarna putih)
Booster asi alami

Cara memasak : 
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe, kemudian tumis
  2. Masukkan daun daun
  3. masukkan Jantung pisang yang sudah di belah duan dan dipotong-potong
  4. Masukkan santan
  5. tambahkan garam dan penyedap
  6. tunggu hingga matang, siap di sajikan
Booster asi


Jantung pisang tumis

bahan :
  1. Bawang merah
  2. bawang puhih
  3. Cabe merah
  4. garam
  5. minyak untuk menumis
  6. Jantung pisang yang sudah dibersihkan (tinggal bagian yang berwarna putih)
Cara memasak : 
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah, kemudian tumis
  2. masukkan Jantung pisang yang sudah di belah duan dan dipotong-potong
  3. tambahkan garam dan penyedap
  4. tunggu hingga matang, siap di sajikan
Jantung pisang

Resep sederhana, tapi rasanya lumayan, kalau saya lebih suka yang ditumis, aroma dari jantung pisangnya tidak terlalu kentara dan tidak membuat eneg. Sampai sekarang saya masih berjuang untuk memberikan ASI buat Arsyila, semoga bisa sampai 2 tahun. Salut buat perjuangan ibu-ibu diluaran sana, apalagi ibu yang bekerja, berjuang mengisi kulkas sampai penuh dengan ASIP supaya bisa memberikan yang terbaik bagi anaknya. Semangat berjuang buk ibuk, bapak bapak juga semangatin istrinya :)


14 comments:

  1. Great share mbak.... harus dibaca bagi yang akan dan sedang punya baby... ASI tidak ada tandingnya... Saya ASI super ekslusif karena lebih dari 6 bulan... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga saya juga bisa super ekslusif hehehe...

      Delete
  2. sedikit lebih tahu,makasih inponya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak.. Nanti ceritakan postingan ini ke istrimu kelak yak Leh.. hahaha

      Wah, thanks resep masakan jantung pisangnya mba. Belum bisa komen soal ASI, belum memproduksi ASI soalnya. hehe

      Delete
    2. Sama2 mas na kak chay,
      Bs jd bekal buat jd ayah asi mas hihihi...
      Resepnya bisa di coba tu kak, enak klo yang doyan sayur

      Delete
  3. Replies
    1. ๐Ÿ˜ƒ waktu bayi mungkin pernah mas, tpi nggak ingatbrasanya hehe

      Delete
  4. Saya dulu untuk booster asi sering ngejus pare dicampur melon sedikit mba Dian. Lumayan lah ASI nambah deres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak suka pare mbak, terlalu pahit

      Delete
  5. makasih infonya kak, jadi pengen punya baby segera #calon suami mana calon suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ๐Ÿ˜Š
      cari calonnya dulu kak hihi..

      Delete
  6. Anak saya pertAma dan kedua ASI cuma 6 bulan dan 10 bulan. Gak keluar lagi sih ASI nya, tapi lumayan lah masih bisa ASI walau gak 2 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjuangan buat 2 tahun itu susah ya mbak

      Delete
  7. Waktu masih ngasih asi saya juga rajin makan jantung pisang. Direbus gitu aja. Pas udah boleh makan cabe baru cocol ama sambel

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^