Wednesday, 14 June 2017

Parenting++

Berawal dari video yang saya tonton di youtube tentang Parenting sewaktu hamil dulu yang di sampaikan oleh Psikolog yaitu Ibu Elly Risman, membuat saya was-was bagaimana caranya mendidik anak di zaman sekarang yang tantangannya sungguh luar biasa. Melihat pergaulan remaja zaman sekarang yang sudah sangat bebas dan juga dengan adanya berbagai media yang mendukung, membuat mereka semakin kebablasan. Dari data dan cerita yang di sampaikan membuat saya tercengang dan semakin berpikir, apa yang telah saya persiapkan dalam mendidik anak. 

Buku parenting

Dari video-video youtube yang disampaikan oleh Ibu Elly, kita jadi banyak belajar, terutama peran sebagai orang tua, mengasuh dan mendidik itu bukan hanya tugas seorang ibu, tapi peran seorang ayah sangat dibutuhkan dalam hal itu. 

Grup parenting

Setelah beberapa bulan, ternyata di Facebook ada Grup yang di kelola oleh Ibu Elly dan keluarga yang membahas berbagai hal tentang Parenting, setelah bergabung, banyaknsekali ilmu yang bisa di dapat dari grup ini. Dan artikel-artikel penting yang di share maupun belum di share di grup ini dijadikan buku yang berjudul "Parenting++"

Berikut sedikit ulasan yang ada di artikel

1. Peluklah anak anda dengan cinta dan kasih sayang yang tulus. Jangan sampai dikemudian hari mereka bukan hanya tidak mampu memeluk anaknya sendiri; cucu anda!, tapi juga menderita gejala "lapar pelukan" dengan memelas mengharapkan dipeluk ibu lain. Bayangkanlah kalau anak anda yang kurang pelukan itu kini, Remaja!, Dengan situasi seperti sekarang ini, pelukan siapakah gerangan  yang mampu menentramkan jiwanya? ~ Elly Risman

2. Ibu dan Ayah yang baik. Semoga selalu ingat bahwa anak belajar paling cepat lewat mencontoh apa yang mereka lihat, jadi semoga ayah dan ibu selalu berlaku dengan bijak dan kasih, menggigit lidah sebelum berkata dan mudah memuji. ~Silmi Risman

3. Masih banyak yang berfikir bahwa mendidik anak adalah dengan mengirimkannya ke sekolah atau mendatangkan guru ngaji. Tetapi faktanya, dalam zaman yang penuh ujian ini pembentukan karakteristik anak tidak bisa dilakukan secara massal atau dengan pengawasan secara remote. Tetapi, anak-anak perlu, sekali lagi menggunakn istilah ibu Elly, di isi "bejana-bejana" jiwa mereka dengan nilai-nilai pendidikan dari kedua orangtua. ~ Faisal Sundani

Masih banyak lagi artikel yang bermanfaat tentang Parenting di buku ini. Yang menjadi penulis dari buku ini ada delapan orang yaitu Ibu Elly Risman, Bapak Risman Musa (suami ibu Elly), Silmi Risman, Wina Risman, Sarra Risman, Faisal Sundani, Rendra Kurniawan dan Helmi "Abu Zumi".

Buku ini sangat cocok menjadi bekal untuk orang tua dan calon orang tua agar bisa menghadapi dan mendidik anak-anak kelak sehingga menjadi generasi penerus yang cemerlang dan bisa menjaga "investasi" yang Allah Subhana Wataa'la titipkan kepada kita. 

4 comments:

  1. Saya juga suka nih sama bu Elly, tapi baru ngeh kalau ada grupnya di FB. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  2. aku ikut yg teh Sarra Rismannya mba ilmu parenting emang perlu jd kita sbg ortu lny pegangan mendidik anak di era seeperti ini y mba

    ReplyDelete
  3. menjadi orang tua perlu belajar terus ya kak

    ReplyDelete
  4. Thanks mbak resume artikelnya... Dan point-point itu memang selalu saya terapkan. Point pertama itu harus sudah menjadi budaya bagi ayah dan bunda zaman sekarang.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^