Wednesday, 9 August 2017

1 Tahun Arsyila

Alhamdulillahi robbil Alaamiin... hari ini Arsyila anak perempuan saya genap berusia 1 tahun, puji syukur kepada Allah Subhanawata'ala atas segala nikmat yang yelah diberikan kepada kami selaku orang tua. Perkembangan Cyila dari hari ke hari semakin pesat, dan selama setahun ini, diberikan kesehatan oleh Allah, walau beberapa kali terkena pilek batuk dan juga demam karena tumbuh gigi.






Perkembangan fisik
Tinggi = 70 cm
Berat = 8,4 kg
Lingkar kepala = 86 cm
Gigi = 7 buah, 1 lagi mau nongol
Menurut grafik tumbuh kembang bayi, berat Cyila masih masuk dalam range 100, walau beberapa bulan belakangan ini susah sekali makan dan beratnya sempat turun.

Perkembangan Gerak 
­čŹ╝Sudah bisa berdiri tanpa pegangan, setiap disuruh berdiri, langsung berdiri
­čŹ╝dorong-dorong kursi walau jalan masih jinjit
­čŹ╝udah bisa megang pena dan nulis-nulis nggak jelas, seriap liat ada orang yang megang pena selalu minta
­čŹ╝setiap diminta untuk mengambilkan sesuatu selalu nurut, biasanya benda-benda yang sudah dia tau seperti, kipas, boneka, kompeng, selimut, hello kitty, minyak telon, bebek-bebek dll

Perkembangan Oromotor / Oral
­čŹ╝ Sudah bisa makan sendiri dengan menggunakan tangan, dan masih di bantu jika menggunakan sendok, sudah makan nasi utuh dan 2 hari yang lalu sempet buka (serak) sendiri ketoprak yang masih di dalam bungkusan dan lontong yang ada di ketoprak dimasukin mulut, padahal ketopraknya pedes banget tapi dia makan 3 potong lontong hahaha... (untung nggak sakit perut)
­čŹ╝sudah bisa ngikutin beberapa kata yang di ajarkan, beberapa kata udah lurus pengucapannya, tapi banyak yang nggak jelasnya
Bisa sebut bebek, duduk, oma, ante ji (tante uji), nenek (kadang nenen) dan yang paling lancar didik (maksudnya mimik, dia bikin kata-kata sendiri). Kalau manggil Ummi jadi Umma, kalau Abi jadi Aba

Benda wajib sebelum tidur
1. Empeng
2. Boneka Hello Kitty (tangannya ampe panjang sebelah karna di tarik-tarik dan di gigit
3. Selimut
4 Kipas-kipas (walau pakai AC sebelum bobok mesti di kipas-kipas dulu, karna angin sepoi-sepoinya bikin cepet bobok.


ASI
Alhamdulillah sampai saat ini Cyila masih full ASi tanpa bantuan susu formula sekalipun, walau kadang seret, tapi Cyila nggak terlalu rewel, tapi setiap malam saya masih terus terbangun berkali-kali setiap Cyila minta didik. Semoga Allah mengizinkan saya memberikan ASI hingga 2 tahun, Aamiin....

Bayi adi 1 tahun

Semoga umurnya diberkahi ya nak, kelak bermanfaat buat orang banyak, jadi penghafal Al -Qur'an yang Sholehah, sehat fisik, akal, dan pikiran, jadi anak yang cerdas dan teliti seperti namanya Aamiin...

10 comments:

  1. Waaah gak kerasa ya, Yan.. Udah setahun aja. Entar makin gak kerasa tau-tau udah sekolah :) Sehat-sehat terus ya, Arsyla..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... iya ya mbak, tau2 nanti udah pake seragam SD aja

      Delete
  2. Udah mulai lucu-lucunya nih kayak gini. Ingat waktu jadi 'baby sitter' ponakan sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd baby sitter anaknsendiri kpn bang? *piss hehe

      Delete
  3. Waktu lahiran anak pertama, saya selalu mantau perkembangan si kecil. Penasaran aja sih. Sehat terus ya Arsyla..

    ReplyDelete
  4. Selamat tumbuh kembang Arsyla normal ya... Semoga sehat selalu dedek cakeppp

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^