Monday, 21 August 2017

Berkunjung ke Mesjid Muhammad Cheng Ho

Berawal dari postingan temen Blogger tentang mesjid Cheng Ho beberapa waktu lalu, ditambah akhir-akhir ini semakin hits karena banyaknya foto yang bertebaran di Ig, membuat saya semakin penasaran dengan Mesjid ini. Berkali-kali berencana untuk mengunjungi Mesjid ini namun gagal. Dari jaman masih single sampai punya anak satu, barulah hari Jum'at kemaren saya berkesempatan untuk mengunjungi Mesjid ini. Dari info yang saya dapat Mesjid ini terletak di Bengkong laut, hanya itu informasi yang saya tau, dan suami juga tidak tau dimana letak Mesjid ini berada. Setelah bertanya kesalah seorang temen, kami memulai perjalanan dari Lapangan Welcome to Batam, Batam Center (beli cemilan dulu, dan kami beli Kerak telor Tapoyaki dan ternyata enak), suami tidak hafal jalan Bengkong, jadi saya  memutuskan untuk lewat jalan potong dari bundaran Ocarina menuju Bengkong Laut, dan setelah sampai di Bengkong Laut saya mengira simpang yang di maksud temen itu adalah simpang Golden View, ternyata salah, yang benar adalah simpang setelah gerbang Golden Prawn yang ada pos securitynya, kemudian belok kiri dan simpang pertama belok kiri lagi. Mesjid Cheng ho ada di ujung dari pertokoan yang ada di komplek ini dan berada di sebelah kiri jalan. 

Mesjid cheng ho batam



Mesjid Muhammad Cheng Ho ini terletak di Komplek Golden City, Bengkong Laut, Batam. Diresmikan pada tahun 2015 lalu oleh Menteri Pariwisata dan Menko Kemaritiman. Yang membuat Mesjid ini unik adalah desainnya yang bernuansa etnik cina, sesuai dengan asal Laksamana Cheng Ho, mesjid ini juga di dominasi dengan warna merah. Mesjid ini berukuran berukuran kecil, walaupun kecil  bisa menampung sekitar 150 - 200 orang jamaah.

Cheng ho

Jika kita bertanya kebeberapa warga Batam, masih banyak yang sama sekali tidak tau keberadaan Mesjid ini, padahal tempat-tempat seperti ini menjadi menjadi potensi wisata bagi Kota Batam, jika bukan warga lokal yang memperkenalkan kepada orang luar, siapa lagi yang akan mempromosikan wisata kota kita ini. 

Mesjid cheng ho batam

2 comments:

  1. sudah bertahun tahun ke batam belumpernah mampir ke sini

    ReplyDelete
  2. Sudah sering ke Bengkong Laut dan gak pernah nemu ini tempat :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^