Wednesday, 24 January 2018

RM Putra Sago Batam


Salah satu tempat makan yang hampir ada di seluruh Indonesia adalah Rumah Makan Padang, di mana saja di setiap kota pasti berdiri Rumah Makan Padang. Berbagai macam suku walaupun bukan orang Minang asli tetap suka dengan masakan Padang. Saya pernah berkunjung ke Palembang, makannya tetap di salah Satu Rumah makan Padang, begitu juga saat ke Jogja makannya tetap ke salah satu Rumah Makan Padang. Walaupun Rasa dari masakan Padang disetiap daerah sudah menyesuaikan dengan lidah masyarakat setempat, masakan Padang tetap menjadi favorit.
Masakan padang batam
Gulai Kepala Ikan

Begitu juga dengan di Batam, salah satunya adalah Rumah Makan Putra Sago. Rumah makan ini berdiri sejak tahun 2010 tepatnya tanggal sembilan bulan Oktober tahun 2010. Beralamat di jalan Kavling Lama Batu Aji Kelurahan Sagulung Kota. Tidak susah untuk menjari alamat Rumah makan ini, jika dari jalan raya arah dari Muka Kuning, begitu melihat gedung Telkom maka belok kiri, perhatikan jalan di sebelah kanan, Rumah Makan ini ada di seberang Indomaret kedua dari simpang Telkom tadi.

Lele goreng


Ikan goreng balado

Asal usul kenapa dinamakan Rumah Makan Putra Sago karena pemilik RM ini berasal dari salah satu desa yang beradi di bawah kaki Gunung Sago Payakumbuh. Untuk rasa masakan RM ini tidak perlu diragukan lagi, karena yang memasak masakan di RM ini telah berpengalaman puluhan tahun. Rumah makan ini berawal dari tahun 90an, jika orang tua atau para pekerja terutama supir taxi yang dulu tinggal di Batam dari awal tahun 90an dan sering ke Jodoh mungkin pernah makan di rumah makan ini (dulu namanya bukan RM Putra Sago). Setelah itu Rumah Makan ini pindah ke daerah Bengkong dan vakum beberapa lama karena pemiliknya beralih ke usaha lain. 

Beragam menu yang disajikan oleh RM ini, antara lain: Rendang Daging, Rendang Ayam, Dendeng Balado, Gulai Ayam, Gulai Babat, Gulai kepala Ikan ( Ikan Tongkol, Nila, Patin), Gulai Cincang, Gulai Ampela, Gulai Ikan Tongkol, Gulai Ikan Salai, Ikan Goreng ( Ikan Tongkol, Patin, Lele), Ikan Bakar (Ikan Benggol, Nila, Lele), Ayam Bakar, Telur Dadar dan Telur Gulai,Asampadeh Tongkol dan masih banyak lagi, yang menjadi menu spesial adalah Gulai Jariang alias jengkol, sayangnya menu ini tidak setiap saat ada karena tergantung pada musim, jika sedang tidak musim jengkol akan sangat mahal, bahkan perkilonya bisa ngalahin harga ayam. Dan yang paling spesial menurut saya adalah gulai atau asampadeh (asampedas) Telur Ikan, kenapa paling spesial karena tidak bisa di prediksi kapan adanya, jika beruntung maka akan menemukan menu ini di RM Putra Sago.

Asampadeh telur ikan
Gulai dan Rendang di RM ini dimasak menggunakan kayu bakar sehingga masakan yang disajikan terasa lebih nikmat dan harum di bandingkan dengan masakan yang dimasak menggunakan kompor. Selain datang langsung ke RM Putra Sago, bisa juga dipesan melalui hp , biasanya dalam jumlah besar minimal 20 bungkus keatas ataupun catering dengan pilihan menu tertentu. Bagi yang penasaran dan ingin memesan bisa menghubungi no hp 082174013888.

Memasak dengan menggunakan tungku kayu bakar

8 comments:

  1. Ntar tambahin fotonya lagi ya mba, biar eike ngiler. Hehe.. Bisalah ni dicoba kalo lg jalan-jalan ke Batu Aji.

    ReplyDelete
  2. Sipsip nanti di tambahin fotonya mbak, di tunggu ya

    ReplyDelete
  3. eike aja yang orang batu aji belum pernah makan disini bahkan namanya aja baru dengar

    ReplyDelete
  4. Waaah sebagai warga Batuaji, kapan2 harus cobain niiih... Penasaran ama rendang dan gulai yang dimasak pake kayu bakar

    ReplyDelete
  5. Masakan padang selalu jadi idola. Bangga dong kita sebagai orang Minang kan.

    ReplyDelete
  6. Bahaya postingan ini , baca sama lihat fotonya aku langsung gendut hik hik

    LAPERRRRR

    ReplyDelete
  7. Masakan Telur Ikan memang sulit dijumpai...saya pun doyan sama menu ini....

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^

Review Popok Sekali Pakai

Setelah sekian lama mau review pospak (popok sekali pakai) akhirnya ketulis juga hehe... Dari awal Cyila lahir, di rumah sakit memang di...